infeksi-saluran-kemih

APAKAH YANG MENYEBABKAN TERJADINYA ANYANG-ANYANGAN?

ANYANG-ANYANGAN?

Pernahkah Anda mengalami sakit, nyeri dan rasa panas ketika buang air kecil? Bisa jadi Anda terkena anyang-anyangan. Anyang anyangan merupakan gejala awal dari Infeksi Saluran Kemih, penyakit yang dapat dibilang cukup menyebalkan. Pasalnya ketika kita buang air kecil, air yang keluar hanya sedikit dan rasanya nyeri cenderung panas.

APA ITU ANYANG-ANYANGAN?

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa yang menyebabkan anyang anyangan, padahal kita sering mengatakan bahwa gangguan pada saat buang air kecil ini yakni “anyang-anyangan”. Dalam istilah kedokteran, anyang-anyangan biasa disebut dengan infeksi saluran kemih.
Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki, perempuan, ataupun tua dan muda. Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda mengalami anyang-anyangan.

  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam.

Tanda-tanda diatas terkadang muncul berbarengan, tapi tidak jarang hanya muncul satu persatu. Apabila Anda mengalami salah satu hal diatas, segeralah memikirkan beberapa kemungkinan bahwa Anda mungkin saja terkena anyang-anyangan.

APA PENYEBAB UTAMA ANYANG-ANYANGAN?

1. Bakteri E.Coli

Yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah bakteri E.Coli. Bakteri E.Coli yang masuk ke dalam saluran kemih bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan. Oleh sebab itulah jagalah kebersihan saat anda berkemih atau saat anda ke kamar mandi.

2. Chlamydia

Bakteri chlamydia merupakan salah satu bakteri yang bisa menyebabkan anyang-anyangan, Penyebab anyang-anyangan pada wanita yang disebabkan oleh Chlamydia sering kali terjadi. Hal ini karena bakteri itu ada pada vagina wanita. Saat wanita terkena keputihan bakteri itu bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan wanita menjadi terkena keputihan.

3. Alergi

Pada pria anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu bisa disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang adapada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.

4. Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurang menjaga kebersihan organ intim terutama sebelum dan sesudah berhubungan. Banyak pasangan yang sebelum melakukan hubungan seksual tidak membersihkan organ intimnya terlebih dahulu, begitu pula setelah berhubungan seksual. Hal itu bisa menjadi penyebab timbulnya anyang-anyangan.
Bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Akibatnya dua hari atau sehari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.

5. Struktur Organ Intim yang Tidak Normal

Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.

6. Gangguan Prostat

Prostat yang tergangggu fungsinya bisa menjadi penyebab anyang-anyangan pada pria. Hal itu dikarenakan prostat tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

7. Diabetes

Salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah penyakit kronis seperti diabetes. Diabetes mellitus penderitanya akan mengalami anyang-anyangan yang timbul akibat reaksi dari penyakitnya tersebut. Orang yang mengalami diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil meskipun urin yang dikeluarkannya hanyalah sedikit. Tidak hanya diabetes saja, saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, orang tersebut bisa terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.

8. Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi penyebab seseorang yang mengalami anyang-anyangan, alasannya adalah saat orang dehidrasi dia akan memproduksi sedikit urin. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk berkemih. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah begitu, anyang-anyangan pun bisa menyerang orang yang terkena dehidrasi tersebut.

9. Kehamilan

Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang angan pada wanita ini adalah pada saat usia kandungan membesar kandungan itu akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.

10. Alat KB

Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita. Selalu kontrol alat KB anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

11. Menopause

Menopause bisa menyebabkan wanita terkena anyang-anyangan. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan seseorang menjadi terkena infeksi saluran kemih.

12. Batu Ginjal

Batu ginjal yang dialami oleh pria dan sedikit wanita bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.

BAKTERI PENYEBAB ANYANG-ANYANGAN

80-85% dari kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli.
Bakteri ini biasanya masuk ke saluran kemih melalui uretra, dimana setelah memasuki kandung kemih, E. Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh.

PENANGANAN UNTUK ANYANG-ANYANGAN

Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan dapat membawa risiko serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak. Pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Rajin mengkonsumsi buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) seperti Cranberry. Karena Proantocyanidin (PAC) dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Saat ini sudah ada supplemen yang mengandung ekstrak Cranberry sehingga kita tidak perlu repot mencari buahnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *