Urican_1000X667_pxl

Anyang-anyangan Mengintai Saat Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba, inilah saatnya umat Muslim melakukan rukun Islam yang ketiga. Puasa sejatinya menyehatkan badan, dengan catatan kita mematuhi rambu-rambunya. Jika tidak, ada bahaya mengintai, salah satunya anyang-anyangan.

Anyang-anyangan menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa ingin berkemih tetapi tidak tuntas. Alhasil, kita jadi sering bolak balik ke kamar kecil. Tentu saja ini mengganggu aktivitas kita. Bayangkan bagi remaja saat di sekolah, berulang kali meminta ijin guru untuk ke kamar kecil. Demikian juga bagi mereka yang tengah bekerja, konsentrasi kerja pun menjadi terusik.

 Penyebab anyang-anyangan saat puasa biasanya dikarenakan kurangnya cairan di dalam tubuh. Idealnya tubuh membutuhkan 8-10 gelas sehari, pada saat berpuasa bisa jadi kebutuhan itu tidak terpenuhi. Tetapi perlu diwaspadai karena anyang-anyangan yang dirasakan adalah gejala infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri E-Coli.

Lima dari 10 wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih yang disebabkan bakteri E. Coli. Hal ini disebabkan karena uretra atau saluran kemih pada wanita letaknya dekat dengan anus yang merupakan habitat E. coli. Oleh karenanya, disarankan membilas dari arah yang benar yaitu depan ke belakang, setiap habis buang air besar maupun buang air kecil.

5 Langkah Sehat Berpuasa

Ada ‘rambu-rambu’ penting agar puasa kita tetap sehat.

  • Pilih karbohidrat kompleks sebagai sumber energi (oatmeal, lentil, kacang-kacangan). Golongan makanan ini dicerna lebih lambat.
  • Hindari makanan pedas dan berlemak, karena menyebabkan gangguan pencernaan. Perbanyak sayuran dan buah.
  • Hindari minuman berkafein, karena bersifat diuretik. Jika Anda penikmat teh atau kopi, batasi secangkir sehari.
  • Minum air putih, 8-10 gelas sehari. Sumber air juga dapat diperoleh dari jus buah. Salah satu yang dapat Anda pilih adalah jus cranberry.
  • Jaga kebersihan tubuh terutama bagian intim kita agar selalu terhindar dari anyang-anyangan akibat bakteri E.Coli

TIPS

Prive Uri-cran, Sahabat Berpuasa

Saat berpuasa, agar tetap sehat kita perlu cermat memilih makanan/minuman yang kita konsumsi. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah gangguan anyang-anyangan. Tapi tak perlu khawatir karena dengan segelas Prive Uri-cran saat berbuka dan santap sahur, kita dapat terhindar dari anyang-anyangan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Perancis, AFFSA membuktikan bahwa ekstrak buah cranberry bersifat antibakteri bagi infeksi saluran kencing. Penelitian membuktikan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Selain mengatasi ISK, buah cranberry juga kaya vitamin C dan E serta kaya akan serat. Seperti diketahui vitamin C dan E memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus pelawan radikal bebas penyebab penyakit.

Berita Terkait:

Gejala Anyang-anyangan yang Harus Anda Ketahui

Apakah Yang Menyebabkan Terjadinya Anyang-anyangan?

Mengapa Wanita Mudah Terkena Anyang-anyangan Berulang Kali?

Nikmati Manfaat dan Enaknya Cranberry Selain Dijadikan Jus

Lebih Sehat Dengan Beragam Manfaat dari Alam

Waspadai Bahaya dan Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-anyangan?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *