Ajari anak menjaga kebersihan diri

Ajari Anak Menjaga Kebersihan Diri

Adalah tugas orangtua menemani anak dalam pertumbuhannya, termasuk di dalamnya menanamkan sikap dan kebiasaan yang baik. Salah satunya menjaga kebersihan diri.

Kebersihan diri merupakan salah satu pintu gerbang kesehatan. Jika ingin anak-anak sehat, ajari bagaimana mereka menjaga kebersihan diri.

1. Mandi Teratur

Kadang anak malas mandi, dan cenderung mengulur-ulur waktu mandi. Agar anak suka, beli perlengkapan mandi sesuai kesukaan mereka, misalnya shampo dengan label karakter tokoh kartun kesukaan anak. Jangan lupa ajari step by step mandi yang benar, bukan asal basah. Biasakan anak mandi dua kali sehari, atau lebih—sesuai aktivitas harian mereka.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ajari anak cara menyikat gigi yang benar, mulai dari gigi depan, samping, dalam, dan geraham. Jangan lupa menyikat lidah dengan bulu sikat yang halus. Menyikat gigi dilakukan setiap mandi, sesudah makan dan sebelum tidur.

3. Yuk, Mencuci Tangan

Biasakan anak mencuci tangan sebelum makan, atau setiap kali habis dari kamar kecil/toilet. Ajari anak langkah-langkah mencuci tangan dengan benar, sampai ke sela jari-jari. Lebih baik menggunakan air mengalir dan sabun daripada hand sanitizer.

4. Kebersihan di Toilet

Meliputi kebersihan setelah  buang air kecil dan buang air besar. Ajari anak cara membersihkan yang benar, yakni dari depan ke arah belakang agar bakteri E.coli dari saluran pencernaan  tidak berpindah ke bagian  saluran kemih (urethra). Baik pada anak perempuan dan laki laki, sebaiknya orang tua (bapak/ibu sesuai dengan jenis kelamin anak) yang mengajari, sekaligus memberikan sex learning, bahwa anak harus paham, tidak semua orang boleh menyentuh bagian intimnya.

5. Kebersihan Pakaian

Ajari anak bahwa semua yang melekat di badannya, mulai dari pakaian hingga kaus kakinya harus bersih. Keringat dan kotoran bisa menjadi salah satu sumber bakteri.

Tips Bila Si Kecil Mengalami Gejala Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah salah satu gejala infeksi saluran kemih yang dapat disebabkan karena adanya faktor kebersihan yang tidak baik, sehingga anak mungkin terinfeksi oleh bakteri E. coli.

Ketika anak tampak gelisah dan tampak enggan ketika ingin berkemih, temani ia ke kamar kecil, bantu ia saat berkemih. Amati warna, volume dan mimik si kecil. Jika buang air kecilnya menetes dan tidak tuntas, curigai ia mengalami gejala anyang-anyangan, bagaimana penanganannya?

  1. Beri si kecil cukup minum air putih (2,5 liter sehari) .
  2. Berikan ekstrak cranberry, berdasarkan penelitian telah teruji membantu untuk mencegah  infeksi saluran kemih berulang. Ekstrak cranberry dapat disajikan berupa jus dengan rasa yang disukai anak-anak, atau agar lebih praktis, berikan Prive Uri-cran, ekstrak cranberry yang mengandung Proantocyanidin,  untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Reference:

  1. http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih/penyebab
  2. http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih/pengobatan
  3. http://buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/11/6-manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan.html
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *