Cantik & Aktif 1000X667.pxl

Cantik dan Aktif Itu Bebas Infeksi Saluran Kemih

Siapa sih yang tidak ingin menjelma menjadi perempuan cantik dan aktif? Tidak hanya wajib merawat tampilan luar terutama area wajah dan kulit, tapi juga kesehatan organ intim yang menentukan aktivitas harian Ladies. Jangan sampai kesibukan membuatmu kurang minum dan menahan buang air kecil sehingga memicu infeksi saluran kemih.

Biar bisa beraktivitas maksimal tanpa Infeksi Saluran Kemih , yuk lakukan beberapa hal wajib berikut ini.

Banyak Minum Air Putih

Infeksi saluran kemih dapat terjadi karena dua hal, bakteri yang masuk ke saluran kemih atau adanya bakteri dalam kandung kemih yang berkembang ke tingkat yang tidak sehat. Cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan minum banyak air putih dan sering buang air kecil.

Kimberly Cooper, MD, seorang ahli urologi di New York-Presbyterian Hospital/Columbia University Medical Center merekomendasikan 6 sampai 8 gelas sehari. Air putih/cairan membantu mengeluarkan bakteri dari kandung kemih dan mengencerkan urine sehingga bakteri tidak berkembang biak.

Mengatur Asupan Nutrisi

Pola makan yang kaya nutrisi dan seimbang berdampak baik pada kesehatan tubuh. Salah satu asupan yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri ‘baik’ adalah makanan yang mengandung probiotik misalnya minuman dan/atau makanan hasil fermentasi, seperti kimchi dan yogurt.

Selain itu, Ladies dapat mengonsumsi ekstrak buah Cranberry, baik yang berupa jus maupun suplemen yang mengandung proanthocyanidins. Tidak perlu jauh-jauh mencari karena kini ada Privé Uri-cran yang tersedia dalam bentuk kapsul maupun serbuk minuman yang dapat diseduh dengan air dingin. Praktis dan dapat dikonsumsi kapan saja untuk menjaga kesehatan dan membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Bersihkan Area Kewanitaan dengan Benar

Perempuan sangat rentan terkena gejala anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala dari Infeksi Saluran Kemih. Hal tersebut dapat terjadi karena jarak saluran buang air besar berdekatan dengan saluran kemih. Salah satu cara menjaga kebersihannya sekaligus mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan membasuh area kewanitaan setelah buang air dari arah depan ke belakang.

Selain itu hindari douching atau mencuci organ kewanitaan dengan air yang dicampur dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik tersebut dapat menghilangkan bakteri ‘baik’ dan mengganggu keseimbangan alami miss V sehingga bakteri ‘jahat’ dapat berkembang biak dan memicu terjadinya iritasi dan infeksi.

Tidak Menahan Buang Air Kecil

Terkadang kesibukan bekerja membuatmu lupa untuk buang air kecil. Padahal urin yang terlalu lama berada di dalam kandung kemih bisa jadi lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Sandip Vasavada, MD, dari Glickman Urological Institute, Cleveland Clinic, menyarankan untuk meluangkan waktu ke kamar kecil setiap 3 atau 4 jam sekali.

Jangan biarkan Infeksi Saluran Kemih mengganggu aktivitas harianmu, cegah dengan melakukan beberapa kebiasaan baik ini. Stay healthy, stay happy Ladies!

http://www.webmd.com/women/cut-urinary-tract-infection-risks#1

http://www.prevention.com/health/how-prevent-utis

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *