Hamil Sehat Bebas 1000X667.pxl

Hamil Sehat Bebas Gejala Anyang-Anyangan Berkat Cranberry

Kehamilan merupakan kabar gembira bagi setiap Ladies yang menanti buah hati dalam pernikahannya. Agar tetap bisa menjalani aktivitas sehari-hari, kesehatan ibu dan janin pun harus dijaga, termasuk dari gejala anyang-anyangan yang merupakan salah satu gejala pada Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Walau ISK bukan termasuk penyakit yang serius, hal ini menimbulkan rasa tak nyaman dan menimbulkan berbagai masalah yang dapat dialami ibu hamil, seperti berikut ini.

Rasa Buang Air Kecil yang lebih sering dari biasanya

Infeksi saluran kemih yang ditandai dengan gejala anyang-anyangan memang bisa menimpa perempuan mana pun. Tapi ibu hamil berisiko tinggi terkena ISK mulai minggu ke-6 hingga memasuki minggu ke-24 masa kehamilan.

Menurut artikel pada situs americanpregnancy.org, ISK sering terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan pada saluran kemih. Rahim yang berada tepat di depan kandung kemih semakin lama akan semakin besar sehingga menghalangi pembuangan urine yang menyebabkan ibu hamil lebih sering ingin buang air kecil, dan hal tersebut dapat memicu terjadinya infeksi.

Nyeri dan Terasa Panas Saat Buang Air Kecil

Gejala infeksi saluran kemih dapat terlihat saat Ladies sedang buang air kecil. Biasanya timbul rasa nyeri dan terasa panas saat sedang pipis dan terjadi perubahan frekuensi ke toilet, baik lebih sering atau sebaliknya menjadi jarang. Selain itu, amati juga tampilan urin yang berubah menjadi keruh, berbau tajam, bahkan terdapat darah yang bercampur dengan urin.

Untuk mengatasinya, minum 6-8 gelas air per hari dan jus Cranberry tanpa pemanis secara teratur. Jika sulit untuk mendapatkan sari buah berwarna merah ini, Ladies dapat mengonsumsi Privé Uri-cran yang menjawab kebutuhan para ibu hamil untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Dapat ditemukan di apotek-apotek terdekat, Ladies bisa memilih varian kapsul atau minuman serbuk yang dapat dikonsumsi kapan dan di mana saja.

Bahaya pada Janin

Jangan anggap remeh infeksi saluran kemih yang dialami oleh ibu hamil. Walau bukan tergolong penyakit serius, Infeksi Saluran Kemih yang tidak diobati dapat memicu terjadinya infeksi ginjal. Hal ini dapat menyebabkan persalinan dini dan berat lahir rendah pada janin yang dikandung.

Jaga kesehatan saluran kemih dengan tidak menahan pipis, dan jaga daerah kewanitaan dengan membasuh area kewanitaan dengan cara yang tepat yaitu cuci dengan menggunakan air bersih dari depan ke belakang. Hindari penggunaan produk feminine hygiene yang dapat memicu iritasi pada area kewanitaan. . Ganti pakaian dalam secara berkala dan pilih yang berbahan katun agar tidak mudah lembab dan menjadi media berkembang biaknya bakteri.

Masa kehamilan yang ditunggu-tunggu seharusnya dijalani dengan bahagia dan terbebas dari gangguan kesehatan, salah satunya Infeksi Saluran Kemih. Bumil, jaga kesehatan sebaik mungkin ya!

http://www.whattoexpect.com/pregnancy/uti/

http://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/urinary-tract-infections-during-pregnancy/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *