Jangan Sepelekan anyang anyangan pada si kecil

Jangan Sepelekan Anyang-anyangan Pada Si Kecil

Chika (7) sudah beberapa kali bolak balik ke kamar kecil, mimiknya memperlihatkan rasa tidak nyaman. Tentu saja ini mengundang tanya sang Bunda. “Mau pipis tapi yang keluar tidak banyak,” keluh Chika kepada sang mama.

Apa yang dialami gadis kecil seusia Chika biasa dikenal sebagai gejala anyang-anyangan. Gejala yang dirasakan selain frekuensi berkemih yang relatif sering berasa belum tuntas, adanya rasa nyeri, demam, dan nyeri pada panggul.

Bagaimana Bisa Terjadi ISK?

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem saluran kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Dan gejala awalnya kita sebut dengan anyang-anyangan. Sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli atau E. coli.

Jika kondisi ini berulang terus, akan mengusik kesehatan ginjal dan jika dibiarkan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Dari Mana Asal Bakteri?

Bakteri E. coli penyebab ISK berasal dari rektum atau anus yang berpindah ke uretra (saluran kencing). Itu sebabnya anak perempuan lebih rentan mengalami ISK, karena secara anatomis uretra perempuan lebih berdekatan dengan saluran pembuangan (anus)  dibandingkan pada laki-laki. Oleh karena itu, perlu edukasi kepada Chika untuk lebih intensif menjaga kebersihan organ intimnya dan membasuh saluran kemih dari arah depan ke belakang.

Gejala Yang Perlu Diwaspadai

Gejala ISK yang sering terjadi pada anak adalah  anyang-anyangan, nyeri saat berkemih, ngompol,  demam, rasa sakit pada pinggang dan perut bagian bawah, warna urin kelihatan keruh, bahkan disertai darah. Selain itu, anak sering kali menjadi kehilangan nafsu makan, sehingga kita perlu lebih intensif menggali keluhan anak, karena biasanya anak sulit menceritakan apa yang ia rasakan.

Pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan adalah analisa urin di laboratorium.  Selain itu, perlu dilakukan pemeriksaan lain untuk mencari kelainan pada ginjal dengan pemeriksaan pencitraan (radiologi) seperti CT Scan, sistokopi atau USG.

Kembali Ke Alam

Saat mendapati si kecil mengalami gangguan kesehatan saluran kemih , Anda dapat memberikan Prive Uri-cran, yang mengandung ekstrak cranberry. Apa keistimewaan buah ini? Buah Cranberry kaya akan bahan aktif yaitu Proanthocyanidin (PAC) yang menghambat perlekatan bakteri E.coli pada dinding epitel  saluran kemih. Badan otoritas keamanan makanan Perancis (AFFSA) memberikan persetujuan mengenai klaim kesehatan untuk cranberry yaitu: membantu mengurangi perlekatan (adhesi) bakteri E.coli pada dinding saluran kemih.

Selain mencegah ISK berulang, buah cranberry juga kaya vitamin C dan E serta kaya akan serat. Seperti diketahui vitamin C dan E memiliki sifat sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan  radikal bebas. Selain itu cranberry juga mengandung vitamin K, magnesium, asam folat, vitamin B-12, vitamin A, dan kalsium3

Mencegah Lebih Baik

Anak gadis Anda perlu diberi edukasi untuk mencegah terjadinya infeksi salurann kemih , ajari si kecil untuk;

  • Tidak menahan pipis.
  • Setiap buang air kecil atau besar, biasakan membasuh organ intim dengan arah dari depan ke belakang.

Sediakan selalu Prive Uri-cran dalam kotak P3K Anda yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih.

Artikel terkait:

Gejala Anyang-anyangan yang Harus Anda Ketahui

Apakah Yang Menyebabkan Terjadinya Anyang-anyangan?

Mengapa Wanita Mudah Terkena Anyang-anyangan Berulang Kali?

Nikmati Manfaat dan Enaknya Cranberry Selain Dijadikan Jus

Lebih Sehat Dengan Beragam Manfaat dari Alam

Waspadai Bahaya dan Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-anyangan?

Reference:

  1. http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih
  2. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/infeksi-saluran-kemih-pada-anak-2
  3. http://manfaat.co.id/10-manfaat-buah-cranberry-untuk-kesehatan-tubuh
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *