Siapkan Diri 1000X667.pxl

Siapkan Diri Bebas ISK Selama Berbulan Madu

Setelah menjalani prosesi pernikahan, kini saatnya berlibur bareng pasangan alias berbulan madu. Selain menghibur diri dari persiapan pernikahan yang menguras tenaga dan pikiran, momen intim ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar lebih mengenal pasangan dan menjadi kenangan perayaan cinta yang tak terlupakan.

Sayang, momen mesra dan bahagia ini bisa terganggu gara-gara Honeymoon Cystitis yang merupakan salah satu infeksi saluran kemih yang timbul karena adanya aktifitas seksual/berhubungan badan. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala anyang-anyangan hingga nyeri saat berkemih. Tapi masalah ini bisa kok dicegah dengan beberapa cara berikut ini.

Kenalan dulu yuk dengan ISK ini

Infeksi Saluran Kemih diderita hampir 30 persen perempuan, dan Honeymoon Cystitis terkait dengan ISK secara umum terjadi terutama pada Ladies yang sebelumnya tidak aktif secara seksual. Gangguan kesehatan ini merupakan infeksi kandung kemih yang berawal dari aktivitas seksual dan disebabkan pergerakan bakteri E. coli dari uretra ke kandung kemih. Biasanya Honeymoon Cystitis ditandai oleh gejala-gejala seperti nyeri saat buang air kecil, urin berbau tidak sedap, warna urin berubah keruh dan nyeri hebat di tulang kemaluan.

Cegah dengan Banyak Minum

Saat terkena gejala-gejala Honeymoon Cystitis, dokter biasanya akan merekomendasikan antibiotik sebagai pengobatan utama. Tapi ada baiknya, Ladies menjaga kesehatan diri sendiri agar dapat menikmati saat-saat indah berbulan madu bersama pasangan, tanpa harus terganggu ISK.

Mulailah dengan meminum 2-3 liter air putih setiap hari. Air akan melewati saluran kemih dan membantu membersihkan/mengeluarkan bakteri yang mungkin ada dalam saluran kemih. Air juga membantu mengencerkan urin, membuat urin menjadi kurang asam, sehingga akan mengurangi rasa nyeri/panas saat berkemih yang merupakan salah satu gejala infeksi. Yuk, bawa botol minum ke mana pun Ladies pergi!

Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Badan

Jika Ladies peduli pada kesehatan saluran kemih , jadikan buang air kecil setelah berhubungan badan sebagai kebiasaan. Cara ini membantu mengeluarkan bakteri yang ada dalam saluran kemih dan menghambat bakteri E.coli penyebab ISK untuk berkembang biak. Jangan menahan buang air kecil, karena urin yang ada di dalam kandung kemih dapat menjadi media untuk bakteri berkembang biak.

Konsumsi Cranberry

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cranberry mempunyai kandungan yang dapat mencegah penempelan bakteri pada saluran kemih, dan secara tidak langsung menghambat perkembangan terjadinya ISK.

Liburan bersama pasangan terutama setelah menjalani proses pernikahan, kurang lengkap jika tidak berwisata kuliner. Walau sedang bersenang-senang, pola makan sehat dan seimbang jangan dilupakan. Untuk menjaga kesehatan dan membantu memelihara kesehatan saluran kemih, mengonsumsi ekstrak Cranberry yang kaya akan nutrisi bisa jadi salah satu solusi.

Biar praktis, bawa Privé Uri-cran yang tersedia dalam bentuk kaplet atau serbuk yang bisa langsung diseduh dengan air dingin. Selain praktis, produk keluaran Combiphar yang mengandung ekstrak buah Cranberry ini pun cukup terjangkau dan dapat ditemukan di apotek-apotek terdekat.

Jadikan bulan madu sebagai hari yang spesial bersama yang tersayang, tanpa harus diganggu oleh infeksi saluran kemih. Happy honeymoon!

http://www.urineinfection.net/honeymoon-cystitis-symptoms-and-relief/

https://www.bustle.com/articles/50991-do-i-have-a-uti-how-to-get-rid-of-and-prevent-urinary-tract-infections

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *