young asian businesswoman standing in office with multiethnic colleagues talking in background.

Tetap Bugar Meski Kerja Seharian

Kerja seharian tapi badan tetap sehat dan segar. Bisa nggak, ya? Bisa banget, asal….

Kesibukan pekerjaan pasti membuat tubuh lelah. Orang yang aktif rentan sakit bila ia tidak hidup dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Saat tubuh lelah, sistem imun melemah dan bakteri atau virus akan dengan mudah menyerang tubuh kita seperti flu, infeksi saluran kemih, dan lain-lain.

Menjalankan pola hidup sehat, seringkali tidak mudah dilaksanakan. Tapi bila ingin hidup lebih sehat, jangan banyak alasan untuk mencobanya. Agar tubuh tetap sehat dan bugar meskipun seharian sibuk bekerja, coba tips sehat berikut ini:

1. Minum air putih

Konsumsi sedikitnya 2 liter air putih sehari untuk menjaga agar tubuh tidak kehilangan cairan. Air putih juga mampu membebaskan diri dari rasa letih.

2. Lakukan peregangan

Gerakan ringan setelah seharian berkutat dengan pekerjaan akan meregangkan otot dan membuka pembuluh darah ke otak sehingga oksigen akan mudah masuk ke otak melalui darah. Cara ini selain menyegarkan tubuh juga meningkatkan daya konsentrasi. Lakukan juga peregangan ringan di sela-sela jam kerja agar tubuh tidak terlalu letih.

3. Jangan forsir tubuh Anda

Gunakan jam istirahat untuk jeda dari kesibukan dan layar komputer, agar mata juga ikut istirahat. Berjalan-jalan selama 5 menit saja akan membantu mengurangi lelah dan letih usai bekerja.

4. Jaga kebersihan tubuh

Cuci muka, basuhan air akan membuat wajah segar dan tubuh kembali bersemangat setelah seharian bekerja. Basuh area kewanitaan dengan benar setiap habis buang air besar atau kecil dan keringkan sehingga tidak lembab.

5. Jaga pola makan

Pentingkan sarapan sehat sebagai ‘modal’ energi seharian. Makan sesuai jadwal dengan porsi cukup, tidak berlebihan agar tubuh tetap nyaman hingga jam pulang kantor. Hindari junk food, perbanyak buah dan sayuran kaya serat untuk kesehatan pencernaan.

6. Hindari rokok

Kebiasaan yang satu ini bila dihindari akan membuat tubuh lebih sehat sehingga bisa beraktifitas dengan leluasa.

7. Istirahat

Tidur adalah cara beristirahat paling baik untuk mengembalikan energi yang terkuras selama beraktifitas. Tidur selama 7-8 jam sehari akan membuat tubuh segar di pagi hingga sore hari.

8. Kendalikan stress dan berpikir positif

Atur prioritas pekerjaan dan semua urusan agar bisa berjalan lancar tanpa membuat kalut pikiran. Mulai hari dengan doa dan pikiran positif sehingga semua pekerjaan selsai sesuai tenggat waktu dan sore hari bisa pulang dengan hati dan pikiran lapang.

9. Konsumsi vitamin dan suplemen untuk mendukung stamina agar tetap bugar sepanjang hari

Sebagai penunjang stamina, minum lah secara rutin ekstrak Cranberry. Kandungan ekstrak Cranberry kaya akan antioksidan dan serat, yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Selamat mencoba!

Referensi:

  1. https://www.guesehat.com/sehat-itu-enggak-bisa-sendiri
  2. http://mulyanaandii.blogspot.co.id/2015/05/tips-sehat-dan-tetap-bugar-setelah-beraktifitas.html
  3. http://buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/11/6-manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan.html
  4. http://www.alodokter.com/masa-depan-cerah-dengan-berhenti-merokok
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *