Gejala Anyang ANyangan Jangan di Sepelekan

Gejala Anyang-anyangan? Jangan Sepelekan

Pernah merasakan rasa panas, nyeri, dan tidak tuntas saat buang air kecil?

Itu namanya anyang-anyangan. Jangan sepelekan…

Perasaan tidak tuntas saat buang air kecil disertai rasa panas dan nyeri, biasanya disebut anyang-anyangan yang membuat rasa tidak nyaman. Nyeri perut bagian bawah disertai gangguan buang air kecil ini merupakan gejala dari infeksi saluran kemih (ISK).

Proses berkemih terjadi saat kandung kemih terisi penuh dan memberikan rangsangan saraf sehingga terjadi kontraksi otot yang menyebabkan kandung kemih terbuka dan sfingter uretra relaksasi yang membuat urin keluar. Jika proses ini terganggu misalnya terjadi gangguan saraf atau ada infeksi, maka gejala anyang-anyangan pun dapat terjadi dan timbul infeksi saluran kemih. Gejala infeksi saluran kemih adalah buang air kecil menjadi lebih sering, tetapi keluar hanya sedikit-sedikit disertai nyeri. Betapa tidak nyaman!

Apabila kondisi infeksi saluran kemih ini diabaikan dalam waktu lama dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Kuman/bakteri bisa terus masuk ke saluran kemih bagian atas, sampai ke ginjal dan akan menyebabkan infeksi serius pada ginjal.

Wanita Lebih Rentan

Struktur saluran kemih (uretra) wanita cenderung lebih pendek, yaitu hanya sekitar 2.5 – 4 cm dibandingkan pria, panjang uretranya sekitar 20 cm. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terinfeksi dan mengalami gejala anyang-anyangan. Ukuran saluran kemih yang pendek ini mempermudah bakteri untuk masuk ke kandung kemih sehingga memudahkan wanita mengalami infeksi saluran kemih.

Infeksi ini bisa beragam bentuk dan gejalanya. Bila menjalar ke ginjal, gejalanya nyeri pinggang belakang atas, disertai demam, mual bahkan muntah. Infeksi saluran kemih (urethritis) mempunyai gejala kemaluan terasa perih saat buang air kecil yang disebabkan karena menyebarnya bakteri dari anus ke saluran kemih. Kondisi urethritis ini dapat terjadi pada penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dan herpes karena posisi vagina yang berdekatan dengan saluran kemih.

Hati-hati Bila Dibiarkan

Infeksi Saluran Kemih tidak selalu mempunyai gejala spesifik, namun kondisi berikut dapat menjadi tanda adanya infeksi saluran kemih:

  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Demam, menggigil, nyeri perut atau adanya darah pada urin.

Tips: Cranberry, Salah Satu Solusi bagi Gejala Anyang-anyangan

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri adalah mengompres perut bagian bawah dengan botol berisi air hangat. Langkah lain yang patut dicoba adalah dengan mengonsumsi ekstrak Cranberry. Penelitian membuktikan bahwa salah satu kandungan zat aktif dalam cranberry (Proanthocyanidin) mampu menghambat perlekatan (adhesi) bakteri E.coli penyebab ISK pada epitel saluran kemih, sehingga mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Minum Prive Uri-cran secara teratur untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

Referensi:

  1. http://www.alodokter.com/nyeri-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan
  2. http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih/penyebab
  3. http://buahan-sehat.blogspot.co.id/2014/11/6-manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan.html
  4. http://staff.ui.ac.id/system/files/users/kuntarti/material/fisiologiginjalberkemih.pdf
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *