1000x667-1

Mitos Seputar Kehamilan, Ketahui Faktanya

Begitu banyak mitos bertebaran seputar kehamilan. Awas, jangan terjebak mitos keliru, ketahui kebenarannya.

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan sebagai ‘prolog’ menyambut hadirnya si buah hati. Namun jangan sampai mitos seputar kehamilan menyesatkan Anda. Inilah beberapa mitos yang beredar tentang kehamilan.

Ibu hamil harus makan dua kali lipat

Dalam kandungan ibu memang tengah tumbuh bakal calon bayi, namun bukan berarti ibu harus mengonsumsi dua porsi. Yang lebih penting ditekankan adalah nutrisi yang sehat selama kehamilan. Wanita dengan berat badan normal, pada saat hamil membutuhkan tambahan kalori sebesar 180 – 300 kalori per hari untuk menunjang pertumbuhan bayi. Jumlah yang hanya setara dengan segelas susu skim.

Jangan menambahkan kalori secara berlebihan, karena akan sulit membuang kalori lagi nantinya setelah melahirkan.

Usaha yang wajib dilakukan untuk menjaga lancarnya proses kehamilan ialah dengan diet sehat dan seimbang. Ibu hamil muda disarankan mencukupi asupan nutrisi demi menjaga kesehatan diri dan janin.

Mengonsumsi durian dan nanas sebabkan keguguran

Faktanya, selama dikonsumsi secukupnya alias tidak berlebihan, durian dan nanas aman bagi ibu hamil. Durian memiliki sejumlah manfaat dengan kandungan organo-sulfur dan triptofan, yang bertindak sebagai antioksidan. Demikian juga dengan nanas yang mengandung kalori, mineral kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, dan selenium. Nanas juga kaya akan vitamin A, B1, B2,B6 , B12, C, E, K. Asal tidak berlebihan, aman dikonsumsi ibu hamil.

Minum air kelapa membuat bayi ‘bersih’ saat dilahirkan

Manfaat air kelapa memang sangat banyak. Selain mencegah dehidrasi, air kelapa terbukti bisa mengatasi kelelahan. Air kelapa juga dipercaya mampu membangun sistem imun, menstabilkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan meningkatkan fungsi ginjal dan merupakan salah satu pilihan terbaik dibandingkan minuman berkafein seperti kopi, soda, atau teh.

Ibu hamil sebaiknya tidak makan ikan, karena mengandung merkuri

Faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (Food & Drug Administration/FDA) menyarankan wanita yang sedang hamil, menyusui, atau bahkan wanita yang berencana memiliki anak, untuk makan 2-3 porsi ikan setiap minggu. Namun, pastikan tempat membeli ikan terjamin kesegarannya. Beberapa jenis ikan yang disarankan antara lain tuna, salmon dan ikan patin.

Posisi tidur ternyaman bagi ibu hamil adalah posisi miring

Faktanya, berbaring telentang membuat terlalu banyak tekanan pada vena cava—pembuluh darah dalam. Itu sebabnya, posisi ternyaman bagi ibu hamil adalah berbaring miring. Posisi tidur miring ke kiri setelah bulan keempat meminimalkan tekanan pada rahim dan usus dan mempercepat nutrisi pada bayi. Pendapat lain menyarakan bahwa tidur miring ke kiri baik bagi ibu hamil

Ibu hamil dilarang minum kopi

Sebagian besar penelitian menunjukkan tidak ada efek samping dari dua atau tiga cangkir kopi per hari selama kehamilan. Namun, ini masih menjadi perdebatan, karena beberapa data menunjukkan bahwa konsumsi kafein yang berlebihan menyebabkan bayi dapat lahir dengan berat badan rendah. Rata-rata dokter menyarankan ibu hamil untuk membatasi konsumsi kopi.

Hindari pengecatan rambut saat hamil

Faktanya, belum ada data yang mendukung efek berbahaya pewarnaan rambut. Menurut Siobhan M. Dolan, MD, asisten profesor kebidanan dan kandungan di Albert Einstein College of Medicine di Bronx, NY, pewarna sangat sedikit sampai ke kulit kepala. Dengan catatan, pewarnaan menggunakan zat yang aman dan dilakukan oleh ahlinya. Yang sering kali mengganggu adalah justru bau dari pewarna rambut, yang menimbulkan rasa mual.

Kram kaki adalah gangguan yang dialami ibu hamil di trimester akhir

Faktanya, kram kaki yang merupakan kontraksi otot involunter yang menyakitkan. Biasanya menyerang betis dan paha, atau keduanya. Kram kaki sering menyerang pada malam hari saat bumil tidur, selama trimester kedua dan ketiga. Sampai saat ini penyebab pasti kram kaki saat hamil belum jelas, Anda bisa mengambil langkah untuk mencegahnya. Lakukan stretching sebelum tidur. Ada dugaan kram kaki berkenaan dengan kekurangan magnesium. Untuk itu bumil disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya magnesium, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering.

Jika kram kaki menyerang, lakukan peregangan otot betis di sisi yang terkena, atau bangun dan melangkahkan kaki. Meninggikan posisi kaki dapat membantu menahan kaki agar tidak kembali kram.

Berhubungan intim membahayakan janin

Faktanya, hubungan intim tidak akan membahayakan bayi di dalam kandungan karena bayi terlindung oleh kantong ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal di mulut rahim. Orgasme juga tidak menyebabkan keguguran karena kontraksi otot pada saat orgasme berbeda dengan kontraksi ketika melahirkan. Tidak perlu khawatir selama kondisi kehamilan tidak ada kelainan. Agar lebih yakin, coba konsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Namun bila terjadi perdarahan dari vagina, kondisi kehamilan berisiko keguguran atau persalinan prematur, maka dianjurkan tidak melakukan hubungan intim.

Ibu hamil rentan infeksi saluran kemih

Hal ini bukanlah mitos. Saat hamil, hormon kehamilan dapat membuat perubahan pada saluran kemih sehingga memungkinkan ibu hamil mudah mengalami infeksi.. Di sisi lain, panjang saluran kemih (uretra) hanya sekitar 2.5-4 cm dan letak yang berdekatan dengan anus memudahkan bakteri masuk ke kandung kemih dan menimbulkan infeksi. Sebagian besar infeksi saluran kemih (ISK) berawal dari kesalahan arah pembasuhan setelah buang air besar (dari depan ke belakang) sehingga memungkinkan kondisi organ intim menjadi kurang bersih. Ditambah lagi dengan kebiasaan bumil kurang minum, membuat risiko ISK semakin meningkat, yang ditandai dengan gejala anyang-anyangan.

Bagaimana dengan pendapat yang menyatakan bahwa buah cranberry ampuh mengatasi ISK? Ini mitos atau fakta?

Menurut Dr. dr. Andrew Weil, medical doctor dan pendiri Arizona Center for Integrative Medicine, pengobatan alami lebih aman bagi penderita ISK.

Buah cranberry, baik dalam bentuk asli, jus ataupun ekstrak dapat membantu mengatasi ISK. Sebuah penelitian yang dilansir oleh Cochrane Library (January 2008) menunjukkan bahwa, cranberry mengandung suatu senyawa yang membuat bakteri sulit melekat pada dinding kandung kemih, sehingga menurunkan risiko ISK. Disarankan mengonsumsi 8-16 ons jus cranberry tanpa gula atau minum dua gelas Prive Uri-cran setiap hari.

Yang alami selalu lebih baik.

 Referensi:

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/leg-cramps-during-pregnancy/faq

http://www.webmd.com/baby/pregnancy-myths-dos-donts

http://www.alodokter.com/penting-diketahui-pantangan-ibu-hamil-muda-ini-hanya-mitos

http://lifestyle.kompas.com/read/2015/09/11/133300923/Cara.Alami.Sembuhkan.Infeksi.Saluran.Kemih

Peraturan Menteri Kesehatan No.75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi Bangsa Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *