1000x667-2

Pentingnya Menjaga Asupan Nutrisi Saat Hamil

Dalam kondisi sehari-hari saja kita perlu menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat. Apalagi saat hamil, dimana dalam tubuh tengah ada si kecil yang bergantung dari suplai makanan ibu.

Ibu yang cerdas akan memilih nutrisi sehat demi janin yang dikandungnya.

Selama periode kehamilan terjadi perubahan pada tubuh ibu hamil (bumil), antara lain karena adanya; pertumbuhan janin, membesarnya rahim, plasenta, pertambahan volume darah, pembesaran payudara dan pertambahan kelenjar susu, pembentukan air ketuban serta peningkatan metabolisme tubuh.

Pertumbuhan sel yang pesat berlangsung dari 2-8 minggu setelah konsepsi, dimana terjadi pembentukan organ-organ seperti jantung, paru-paru, ginjal, hati dan tulang, serta pembentukan plasenta, tali pusat, dan amnion. Volume darah pun meningkat drastis, hingga sampai akhir kehamilan volume darah menjadi 4/3 kali volume darah normal. Ini menyebabkan terjadinya pengenceran darah, sehingga kadar hemoglobin (Hb), albumin, dan zat lain menurun.

Semua perubahan tersebut membutuhkan support energi, yang berasal dari makanan bumil sehari-hari.

Namun ingat, meskipun pentingnya nutrisi menjadi perhatian, berat badan bumil perlu dijaga. Berat badan kurang atau berlebihan sama-sama tidak baik. Pertambahan berat badan sebaiknya dievaluasi per-trimester (tiga bulan). Selama trimester pertama terjadi kenaikan berat badan sebesar 0,5-2 kg. Sedangkan trimester kedua dan ketiga kenaikan berat badan menjadi lebih banyak, yakni 0,36-1 kg per minggu.

Peningkatan Kebutuhan Nutrisi

Mengingat terjadinya banyak perubahan dalam tubuh, bumil disarankan untuk memperhatikan kebutuhan gizi. Tubuh perlu melakukan penyesuaian kebutuhan nutrisi saat hamil. Kebutuhan protein bumil bertambah hingga 20 gram sehari. Selain itu diperlukan juga tambahan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, dan asam folat.

Beberapa bumil mengalami penurunan berat badan di trimester pertama akibat morning sickness, yakni mual dan muntah. Untuk menyiasatinya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Jika bumil tak bisa menelan makanan pokok, sajikan cemilan sarat nutrisi. Untuk mengatasi rasa mual, coba ngemil buah dan sayur. Jangan lupa sertakan segelas susu, sehari dua kali dan air putih sehari 8-10 gelas.

 Peraturan Menteri Kesehatan No.75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi orang Indonesia, menyatakan bahwa ibu hamil membutuhkan penambahan kalori per hari sebanyak 180 kkal pada trimester pertama dan 300 kkal pada trimester kedua dan ketiga.

Sedangkan untuk kebutuhan mineral juga perlu diperhatikan, disesuaikan dengan usia ibu hamil.

  • Kebutuhan kalsium harian bagi bumil berkisar 1200-1300 mg mg.
  • Kebutuhan fosfor bumil adalah 700mg.
  • Kebutuhan zat besi bumil sekitar 26-39 mg

Ibu, dalam rahim Anda tengah tumbuh bakal penerus masa depan bangsa. Maka, jadilah ibu yang bijak dengan membekali si buah hati dengan asupan nutrisi yang prima. Ibu cerdas akan ‘mencetak’ generasi yang cerdas.

Ini Nutrisi Pentingnya…

  • Protein: kebutuhan protein meningkat 30% selama hamil. Sumber utama berasal dari protein hewani (daging, produk susu, ikan, unggas dan telur) dan protein nabati (kacang-kacangan, kacang polong, kacang lentil, kacang tanah, dan biji-bijian).
  • Kalori: selama hamil dibutuhkan tambahan 180-300 kalori per hari, yang diperoleh dari berbagai variasi makanan.
  • Serat dan Cairan: seiring bertambahnya usia kehamilan, bumil berisiko mengalami sembelit, itu sebabnya kebutuhan serat perlu mendapat perhatian. Perbanyak porsi sayur dan buah dalam menu makan sehari-hari.

Saat hamil, volume darah meningkat hampir 50 persen lebih banyak, jadi bumil perlu menjaga kecukupan asupan cairan. Sumbernya bisa dari air putih atau jus buah. Awas hati-hati, kurang minum dapat memicu timbulnya infeksi saluran kemih. Jangan kurangi minum, jika mendapati kaki Anda bengkak. Itu sama sekali tidak berkaitan.

  • Vitamin: sayur dan buah merupakan sumber terbaik vitamin. Namun hati-hati dalam mengolahnya, karena vitamin mudah rusak oleh pemanasan. Pilih sayuran berdaun hijau dan sayur serta buah yang berwarna terang, misalnya bayam, brokoli, wortel, tomat, pisang, cherry, strawberry, alpukat, jeruk, dan lain-lain.
  • Asam folat (folic acid): Di AS, setiap tahun kurang lebih 4000 bayi lahir dengan kelainan pembentukan tabung saraf (neural tube defects). Asam folat dapat mencegah terjadinya kelainan bawaan ini, dosis yang disarankan adalah 400 µg per hari. Asam folat sebaiknya dikonsumsi 3 bulan sebelum hamil, sampai 12 minggu usia kehamilan. Sumbernya; sayuran berdaun hijau dan walnuts. Biasanya dokter akan memberi suplemen asam folat untuk meyakinkan kebutuhan bumil akan nutrisi penting ini terpenuhi.
  • Mineral: zat besi, kalsium, dan zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan bumil. Sumbernya dari makanan sehari-hari, seperti sayuran hijau, kerang, kuning telur, daging, prunes, kismis, susu, keju, dsb. Penyerapan zat besi oleh tubuh dapat dibantu oleh ketersediaan vitamin C.

Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

Kurangnya asupan air pada bumil dapat menimbulkan kekurangan cairan dan mengakibatkan sejumlah gangguan selama kehamilan. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Segelas Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak Cranberry dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Bahan aktif Proanthocyanidin (PAC) dapat menghambat perlekatan (adhesi) bakteri E. coli, salah satu bakteri penyebab ISK.

Referensi:

Miriam Stoppard, MD. New Pregnancy and Birth. Dorling Kindersley. Revised edition published in Great Britain in 2007.

Williams Obstetrics 22nd Edition, McGraw-Hill, Medical Publishing Division, 2010.

 The American College of Obstetricians and Gynecologists.Weight Gain During Pregnancy. January 2013.

Peraturan Menteri Kesehatan No.75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi Bangsa Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *