1000x667-3

7 Langkah Menuju Kehamilan Sehat

Kehadiran si buah hati dalam sebuah mahligai perkawinan merupakan anugerah yang sangat dinanti-nantikan. Agar ibu dan bayinya sehat, ketahui apa saja yang perlu dilakukan saat hamil.

Saat dokter menyatakan Anda hamil, rasanya bukan alang kepalang. Bahagia, haru, rasa syukur, semua berkecamuk menghinggapi Anda dan pasangan. Pekerjaan rumah berikutnya adalah menjaga kehamilan agar masa 9 bulan 10 hari terlewati dengan baik, dan si kecil lahir dalam kondisi sehat. Berikut 7 langkah yang perlu Anda cermati.

1. Konsultasi Dokter atau Bidan

Ini perlu dilakukan agar kehamilan Anda terpantau dan bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan selama kehamilan dan menjelang persalinan. Biasanya dokter atau bidan akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara umum, meliputi tekanan darah, riwayat kesehatan, misalnya diabetes, riwayat hipertensi, dan lain lain, serta mendapatkan saran untuk menjaga kehamilan tetap sehat sejak awal.

2. Nutrisi Ibu Hamil

Pastikan konsumsi makanan bergizi seimbang. Sumber karbohidrat bisa dari roti gandum, pasta, beras merah. Protein dari ikan, daging, telur, unggas, kacang-kacangan, produk olahan susu. Hindari makanan yang mentah atau setengah matang. Vitamin dapat diperoleh dari sayur dan buah, yang merupakan komponen penting nutrisi kehamilan, karena selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, sayur dan buah kaya serat yang menyehatkan pencernaan. Pilih sayuran hijau gelap yang mengandung vitamin A, zat besi dan folat (nutrisi penting selama kehamilan). Selain itu perhatikan kecukupan kalsium dan vitamin D yang dapat diperoleh dari produk susu.

Secara umum, asam folat yang dibutuhkan adalah 400μg, dan untuk ibu hamil disarankan mengonsumsi suplemen asam folat sekitar 600μg/hari. Asam folat penting untuk mencegah kelainan tabung saraf pada janin/bayi.

3. Ayo Bergerak!

Olahraga membantu kekuatan dan daya tahan tubuh selama kehamilan. Olahraga juga membantu memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula pasca-persalinan.. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan produksi serotonin—zat kimia otak yang memengaruhi suasana hati. Pilihan olahraga bagi ibu hamil antara lain jalan cepat, renang, yoga, dan pilates. Jika tak memungkinkan, lakukan aktivitas sederhana, misalnya banyak berjalan kaki.

4. Cukup Istirahat

Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk ‘mencuri’ tidur di siang hari atau sekadar mengangkat kaki ke kursi dan bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur Anda, cobalah tidur miring dengan lutut ditekuk. Meletakkan bantal di bawah perut dapat membantu meringankan punggung yang tegang atau sakit. Olahraga juga dapat membantu mengatasi sakit punggung, selain itu lakukan teknik relaksasi yang aman selama kehamilan misalnya melakukan yoga untuk mengatasi gangguan tidur. Jika masalah tidur sudah demikian mengganggu, coba konsultasikan dengan dokter.

5. Stop Rokok

Merokok dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, anak lahir dengan berat badan rendah, sudden infant death syndrome atau SIDS (kematian bayi mendadak tanpa sebab jelas). Satu hal yang kadang tidak disadari adalah ibu hamil menjadi perokok pasif, karena suami atau lingkungan di sekitar tempat kerja merokok. Perokok pasif sama bahayanya dengan perokok aktif.

6. Kurangi Kopi & Teh

Jika Anda penyuka kopi dan teh, mulai sekarang jauhi dua minuman berkafein ini. Kalaupun Anda tak bisa meninggalkan seratus persen, cukup minum secangkir sehari.

7. Jangan Sembarang Minum Obat

Hindari sembarang minum obat, jika ada gangguan kesehatan, konsultasikan dengan dokter. Ingat, ada si kecil dalam kandungan, Anda harus menjaganya dengan baik. Tanyakan obat-obatan apa saja yang aman diminum sebagai pertolongan pertama saat sakit.

Berbahagialah menjalani kehamilan. Tidak semua wanita mendapat kesempatan menjadi ibu, jadi nikmati kehamilan ini. Sisihkan waktu ‘me time’, manjakan diri ke salon untuk melakukan perawatan tubuh. Bisa juga pergi bersama pasangan, ke tempat yang dulu memiliki nilai nostalgia. Enjoy it!

Bumil Rentan Mengalami Gejala Anyang-anyangan

Saat hamil biasanya terjadi peningkatan volume cairan vagina dan pembesaran payudara yang dipengaruhi oleh hormone.Selain itu, saat hamil, bumil juga sering merasa nyeri dan sering buang air kecil di pagi hari. Penyebabnya adalah pembesaran rahim yang menyebabkan adanya penekanan pada kandung kemih. Seiring bertambahnya usia kehamilan, tekanan pada kandung kemih ke bawah semakin besar. Ini menyebabkan bumil menjadi sering ‘beser’. Yang perlu diwaspadai adalah bila berkemih disertai rasa nyeri atau perih, dan bumil merasa tidak tuntas saat berkemih alias anyang-anyangan.

Agar gejala tak berlanjut, segera minum ekstrak Cranberry yang terbukti menyehatkan saluran kemih. Selain itu cranberry sebagai antioksidan membantu melindungi sel dan mencegah terjadinya kerusakan sel karena oksidatif stress dan radikal bebas. Sejak Desember 2004, badan otoritas keamanan makanan Perancis, AFSSA memberikan persetujuan mengenai klaim kesehatan untuk cranberry, yaitu: “Membantu mengurangi perlekatan (adhesi) bakteri E.coli pada dinding saluran kemih”. Dapatkan manfaat tersebut dalam Prive Uri-cran untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih Anda.

Referensi:

http://www.alodokter.com/hamil-sehat-bisa-dicapai-dengan-7-langkah-ini

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-nutrition/art-20046955

http://www.webmd.boots.com/pregnancy/guide/10-pregnancy-health-myths-exposed

http://www.beritasatu.com/kesra/137285-ini-alasan-mengapa-stres-bisa-merusak-tubuh.html

32_HK.00.05.52.6291_thn_2007_ttg_acuan_label_gizi_ok_kelar_pangan

International Life Sciences Institute. Southeast Asia Region. Recommended Dietary Allowance: Harmonization in Southeast Asia.

PACRAN®: Clinically Supported PAC Standardized Whole Cranberry Powder.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *