1000x667-4

Hamil Aktif dan Sehat dengan Olahraga Teratur

Olahraga saat hamil dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan ibu selama menjalani kehamilan, melenturkan otot dalam menghadapi persalinan.

Dan…. bonusnya adalah berat badan ibu dapat kembali ke semula.

Duduk santai meluruskan kaki sambil menonton televisi atau asik dengan gadget di atas tempat tidur. Bagi ibu hamil (bumil) kegiatan tersebut terasa menyenangkan. Apakah itu akan dilakukan sepanjang kehamilan? Tentunya tidak! Ayo ajak tubuh untuk bergerak. Olahraga selama kehamilan bukanlah pantangan, bahkan membawa manfaat bagi Anda dan janin dalam kandungan.

Olahraga penting, baik sebelum hamil mapun selama kehamilan, Wanita yang rutin berolahraga berarti menyiapkan tubuhnya siap menghadapi kehamilan dan persalinan yang sehat. Memiliki otot yang kuat untuk melindungi sendi dan tulang belakang yang meregang saat hamil, dan kembali lentur sesudah melahirkan.

Olahraga yang dikombinasikan dengan teknik pernapasan dan relaksasi, membantu tubuh menyiapkan datangnya persalinan. Manfaat lainnya adalah olahraga dapat mengurangi stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati.

Olahraga Pilihan Bumil

Ada beberapa olahraga yang tetap bisa dilakukan asalkan Anda melakukannya secara perlahan dan berhenti jika merasa lelah. Jangan sampai terlalu memforsir hingga Anda kehabisan napas. Ingat, jika Anda kehabisan napas, bayi Anda kehilangan oksigen. Pilih olahraga yang minim risiko cedera.

  1. Jalan Sehat

Inilah olahraga teraman selama hamil. Anda bisa berjalan sebanyak yang Anda suka. Utamanya adalah bahwa Anda berjalan dalam kondisi aman dan di tempat yang aman.

  1. Renang

Ini adalah bentuk latihan yang sangat baik selama kehamilan dan biasanya Anda dapat terus melakukan sampai kehamilan trimester akhir. Jangan berenang jika airnya dingin karena kaki biasanya menjadi lebih mudah kram. Berenang dapat menjaga berat badan tidak terlalu melonjak, dan membantu bumil lebih rileks.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang baik, tapi ingat Anda harus berhenti saat perut semakin membesar, dikhawatirkan Anda kemungkinan dapat kehilangan keseimbangan.

  1. Yoga dan Pilates

Bumil rentan mengalami kaku otot, perasaan canggung, serta mudah pegal-pegal. Yoga dan Pilates dapat membantu meredakan kondisi itu. Selain itu keduanya juga bermanfaat saat ibu melahirkan, terutama dalam soal pernapasan.

Selain olahraga tersebut, pada kehamilan trimester dua, bumil sebaiknya melakukan senam hamil. Ini disarankan karena memiliki sisi manfaat dalam pengolahan pernapasan untuk persiapan persalinan nanti.

Perhatikan Rambunya

Meskipun olahraga baik bagi bumil, namun tetap berpegang pada rambu-rambunya, agar tak membahayakan.

  • Jangan samakan dengan kondisi sebelum hamil. Mulailah secara bertahap. Jika memilih berjalan kaki, jangan langsung jarak jauh.
  • Selalu lakukan pendahuluan dengan pemanasan 5-10 menit, dan tutup dengan pendinginan 5-10 menit.
  • Pastikan bumil cukup minum, agar tidak terjadi dehidrasi.
  • Perhatikan asupan makanan dengan gizi seimbang.
  • Perhatikan kondisi cuaca. Jika terlalu ekstrim (panas) lebih baik lakukan akivitas di halaman saja.

Tetaplah Aktif

Kehamilan dan persalinan menuntut stamina tubuh yang sehat, itu sebabnya wanita yang berencana hamil sebaiknya mempersiapkan fisiknya dengan baik. Jika sebelum hamil Anda rutin berolahraga, teruskan kebiasaan ini. Namun jika olahraga itu terlampau berat, pilih jenis olahraga yang lain.

Kehamilan bukanlah sakit, Anda justru harus semakin intensif menjaga pola hidup yang sehat. Pilih makanan bergizi seimbang dan usahakan tubuh tetap aktif.

Jangan Abaikan Kebersihan

Sesudah beraktivitas, jangan lupa membersihkan badan dan berganti pakaian, kondisi lembab pada area kewanitaan merupakan tempat yang nyaman bagi tumbuhnya bakteri. Ini terjadi karena saluran kemih dekat posisinya dengan vagina dan anus, sehingga memungkinkan terjadinya kontaminasi, yang tersering adalah bakteri E. coli. Ditambah lagi dengan kondisi kehamilan yang menyebabkan tekanan pada kandung kemih menyebabkan keluarnya urin kurang tuntas. Inilah yang disebut anyang-anyangan, yang merupakan salah satu gejala dari infeksi saluran kemih (ISK).

Studi yang dipublikasikan di The Journal of Urology menunjukkan, dokter merekomendasikan cranberry sebagai lini pertahanan pertama untuk melawan ISK. Para peneliti melakukan analisis dan penilaian menyeluruh terhadap uji klinis manusia dan 28 penelitian terhadap hampir 5.000 pasien. Hasilnya, cranberry membantu menurunkan risiko penyebab ISK, terutama pada ISK yang berulang. Cranberry mengandung bahan aktif proanthocyanidin (PAC) yang mampu menghambat perlekatan (adhesi) bakteri pada dinding epitel saluran kemih. Untuk membantu menjaga kesehatan saluran kemih, minumlah Prive Uricran yang mengandung ekstrak cranberry dengan bahan aktif proanthocyanidin (PAC).

Referensi:

Miriam Stoppard, M.D. New Pregnancy and Birth: A practical guide for all parents to be. Dorling Kindersley. Revised edition published in Great Britain in 2007.

http://www.alodokter.com/hamil-sehat-bisa-dicapai-dengan-7-langkah-ini

http://www.anakku.net/olahraga-saat-hamil-muda.html

http://uricran.co.id/product/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/hal-penting-setelah-olahraga/

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/22/481/1781159/jus-cranberry-bantu-obati-infeksi-saluran-kemih-pada-wanita

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *