rsz_istock-619369188

Toilet Kotor? Ajarkan Ini pada Anak Bunda

Kebersihan toilet sebuah rumah mencerminkan kebersihan penghuninya.

Itu saja belum cukup, ada catatan penting yang harus Anda perhatikan saat berada di toilet.

Bukan hanya kebersihan toilet, kebiasaan di toilet pun penting diperhatikan. Salah satunya berkenaan dengan kebiasaan membawa ponsel ke dalam toilet. Faktanya, 90 persen masyarakat saat ini menggunakan ponsel di kamar mandi.

Duduk di atas closet sambil berkirim pesan, mengecek media sosial, atau membaca berita online memang terasa menyenangkan. Meringkas waktu untuk melakukan beberapa hal sekaligus. Tapi ini bukan sebuah kebiasaan yang baik, karena ada bahaya mengintai dari bermain ponsel di dalam toilet.

“Menyentuh telepon pada saat menggunakan toilet dan tidak mencuci tangan sesudahnya adalah hal yang sangat buruk,” ujar Dr. Paul Matewele, ahli mikrobiologi di London Metropolitan University dikutip dari The Sun, Selasa (10/10/2017).

Toilet adalah tempat yang berpotensi menjadi sarang bertumpuknya kuman. Kuman-kuman inilah yang dapat menyebabkan penyakit. Kursi, pegangan, wastafel, dan tombol toilet rentan dihuni kuman seperti E. coli, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) dan penyakit usus. Kuman lainnya adalah Acinetobacter yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan dan C. difficile yang dapat menyebabkan diare. Bakteri dari toilet yang menempel pada ponsel bisa terbawa ke mana-mana, bahkan sampai ke meja makan.

Begitu pentingnya kebersihan toilet, sampai PBB mencanangkan World Toilet Day setiap 19 November sejak tahun 2013. Tahun 2017 World Toilet Day mengambil tema tentang air limbah: “Ke mana kotoran kita pergi”

Sekitar 60% dari populasi dunia—4,5 miliar orang—tidak memiliki toilet di rumah atau tidak memiliki sanitasi yang memadai, dan 862 juta orang di seluruh dunia masih melakukan BAB di tempat terbuka. Kotoran keluar ke lingkungan dan menyebarkan penyakit mematikan, yang secara serius mengancam kesehatan dan kelangsungan hidup, terutama anak-anak.

Langkah kecil yang dapat kita lakukan adalah menjaga kebersihan diri saat di toilet dan sesudah dari toilet. Beri pengertian kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri saat di toilet—baik di rumah maupun di luar rumah. Toilet umum yang kotor merupakan salah satu faktor risiko meningkatnya infeksi saluran kemih (ISK).

Kenali Gejala ISK

Infeksi saluran kemih menimbulkan rasa tidak nyaman, biasanya ditandai dengan gejala berikut:

  • Sering buang air kecil namun terasa tidak tuntas, atau biasa dikenal sebagai anyang-anyangan.
  • Perut bagian bawah terasa sakit akibat adanya peradangan.
  • Nyeri saat berkemih.
  • Pada kasus yang sudah agak berat disertai rasa mual, muntah, dan sakit pinggang ringan.

Sebagai langkah pencegahan, perbanyak minum air putih dan mengonsumsi ekstrak Cranberry, yang dipercaya dapat melindungi saluran kemih dengan cara mengubah sifat urine menjadi lebih asam sehingga secara alami menghambat pertumbuhan bakteri E. coli. Selain itu bahan aktif Proanthocyanidin dalam Cranberry dapat mencegah penempelan E. coli pada dinding epitel saluran kemih. Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak Cranberry dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Bagaimana mencegah ISK pada remaja?

Beri pengertian kepada remaja Anda tentang bagaimana menjaga kebersihan. Berikut tindakan preventif yang dapat dilakukan:

  • Minum banyak air putih, jus buah, atau cairan lainnya.
  • Saat merasa ingin berkemih, jangan tunda, segeralah pergi ke toilet.
  • Bagi remaja putri, ingatkan mereka untuk mengganti pembalut lebih sering.
  • Usai berkemih atau bab, bilas dari depan ke arah belakang, guna mencegah penyebaran bakteri ke saluran kemih.
  • Beri pengertian kepada remaja Anda untuk membatasi sabun yang terlalu wangi, shower gel dan mandi busa.
  • Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat, terutama celana dalam.

Referensi:

www.un.org/events/toiletday/index.shtml

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/10/bahaya-infeksi-saluran-kemih-dan-penyakit-usus-mengintai-jika-sering-main-ponsel-di-toilet

www.alodokter.com/cegah-infeksi-saluran-kemih-penyebab-anyang-anyangan-dengan-ekstrak-cranberry

http://www.momjunction.com/articles/urinary-tract-infection-in-teens_00390860/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *