img-article-ibu-sakit-3

Ketika Ibu Harus Dirawat

Ibu memiliki peran yang sangat penting di rumah, terutama dalam mengurus kebutuhan si kecil. Apa yang terjadi kala ibu harus dirawat di rumah sakit?

Segudang tanggung jawab yang dijalankan oleh ibu membuatnya seakan-akan ‘tidak boleh’ sakit, apalagi bagi ibu yang masih memiliki anak balita. Namun, hal tersebut tentunya sulit dihindari. Ketika ibu sakit, bahkan harus dirawat di rumah sakit (opname), baik ibu maupun semua anggota keluarga tentunya perlu melakukan penyesuaian.

The show must go on

Istilah ini sangat tepat untuk menggambarkan kondisi ibu yang harus dirawat, kehidupan pun terus berjalan. Dengan berjuta kekhawatiran yang dirasakan ibu, ia harus ‘rela’ menyerahkan tanggung jawab mengurus anak dan rumah tangga kepada orang lain untuk sementara waktu. Apa saja yang perlu dipersiapkan agar segala sesuatunya tetap berjalan dengan baik?

  1. Meminta bantuan dan berikan kepercayaan. Ayah sebagai partner terpercaya tentunya dapat membantu, namun tidak semua ayah memiliki waktu yang cukup fleksibel untuk mengurusi anak dan rumah tangga karena ia pun harus bekerja. Idealnya memang ada pengasuh atau asisten rumah tangga. Namun jika tidak ada, mintalah bantuan dari orang terdekat seperti orangtua, kakak atau adik untuk membantu. Berikan kepercayaan pada mereka dan tak perlu khawatir semuanya tidak ‘sesempurna’ seperti harapan. Dengan demikian, ibu juga dapat beristirahat dan berusaha agar bisa cepat pulih kembali.
  1. Buatlah catatan penting agar dapat menjadi panduan. Karena ibu yang biasanya paling tahu segala hal yang berurusan dengan anak atau seluk beluk rumah tangga, berilah daftar penting atau pesan-pesan yang berguna bagi mereka yang akan Contohnya, makanan kesukaan anak, alergi yang diderita anak, kebiasaan tidur anak, baju-baju yang dibutuhkan, nomor-nomor penting untuk pemesanan kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya.
  1. Tetap melakukan kontak dengan anak. Di era digital seperti sekarang ini, upaya untuk saling terhubung sebenarnya lebih mudah untuk dilakukan. Dengan fasilitas video call, ibu dan anak-anak masih bisa berkomunikasi dengan baik. Jelaskan pada anak dengan bahasanya, mengapa ibu mereka harus ada di rumah sakit dan kapan sekiranya ibu dapat pulang kembali.
  1. Ajak anak menjenguk ibu. Jika anak sudah cukup besar dan rumah sakit tidak memiliki aturan yang melarangnya, anak bisa diajak menjenguk dan menemani ibu. Dengan catatan, anak pun dalam kondisi sehat agar ia tak terkena kuman di rumah sakit. Karena anak mudah bosan, siapkan beberapa aktivitas yang bisa dilakukannya sambil menemani ibu, seperti mewarnai atau bermain games di gadget. Siapkan juga baju hangat karena suhu ruangan di rumah sakit biasanya lebih dingin daripada suhu kamar pada umumnya. Pastikan anak merasa nyaman dan ada tempat untuk tidur jika ia merasa lelah.
  1. Hindari rasa bersalah. Banyak ibu yang menadi emosional saat dirawat di rumah sakit karena merasa meninggalkan tugas-tugasnya. Sebenarnya, ibu dapat melihat sisi positif dari kondisi ini. Selain dapat beristirahat sejenak dari rutinitas yang dilakukan sehari-hari, ibu juga dapat belajar untuk memberikan kepercayaan pada orang lain dalam hal mengasuh anak dan merawat rumah.

Peran ayah saat ibu dirawat

Sebagai partner dalam berumah tangga, peran ayah sudah pasti sangat penting ketika ibu harus dirawat di rumah sakit. Anak membutuhkan orang dewasa yang dapat mereka percaya untuk mendampingi dan memberikan kepastian bahwa hidup mereka tidak akan ‘kacau balau’ saat ibu tidak ada. Ayah dapat memberikan penjelasan pada anak mengenai keadaan ibu dan memastikan bahwa mereka tak perlu khawatir.

Lakukanlah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan ibu dengan anak-anak, sebisa mungkin. Jika harus berangkat kerja, berikan anak pelukan dan sampaikan pesan-pesan pada pengasuh atau asisten rumah tangga dengan jelas. Selalu ingatkan akan untuk berdoa agar ibu mereka cepat sembuh dan dorong anak untuk menyampaikan perasaannya.

Ayah atau siapapun yang membantu mengasuh anak harus memastikan semua kebutuhan anak terpenuhi. Bukan saja makanan yang sehat, tapi juga minum air yang cukup. Perhatikan juga kebersihan anak, termasuk mandi dan kebiasaannya buang air besar dan buang air kecil. Agar si kecil terhindar dari gangguan kesehatan, sesuai anjuran dokter berikan ia Prive Uri-Cran Plus, ekstrak buah cranberry dengan kombinasi probiotik dan vitamin C dapat membantu memelihara kesehatan.

Semoga ibu cepat sembuh!

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *