red-fruit

Maksimalkan Kesehatan dengan Cranberry

Di negara tropis seperti Indonesia, Cranberry memang sulit ditemukan. Buah yang termasuk ke dalam jenis berry atau buni-bunian ini ternyata sarat manfaat.

Buah Cranberry banyak ditemukan di bagian utara bumi atau di daerah yang memiliki suhu subtropis. Suku Indian adalah komunitas pertama yang menyadari manfaat Cranberry ini, karena selain mengandung zat antioksidan tinggi, buah ini juga kaya akan vitamin C. Suku Indian Algongquin memanen Cranberry secara teratur dan menjadikannya sebagai obat, makanan, bahkan simbol perdamaian.

Rasa buah Cranberry segar sangat masam (Suku Indian Pequot bahkan menyebutnya sebagai ‘ibimi’ yang berarti buah yang pahit atau getir), membuat Cranberry lebih banyak ditemukan dalam bentuk jus, saus, selai atau manisan. Saus Cranberry bahkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat atau Kanada.

Kaya akan antioksidan dan vitamin C

Walaupun terasa masam, buah ini ternyata sangat kaya dengan senyawa proanthocyanidins (PAC) yang merupakan suatu antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari serangan molekul tak stabil atau radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan.

Senyawa proanthocyanidins di dalam Cranberry dapat mencegah perlekatan bakteri terutama E. coli pada dinding saluran kemih sehingga menurunkan risiko terjadinya ISK (infeksi saluran kemih).

Buah Cranberry juga mengandung vitamin C yang tinggi dan serat, buah ini pun terbukti rendah kalori (hanya 45 kalori per cangkir). Dalam dunia buah dan sayur, Cranberry menduduki peringkat kedua setelah Blueberry dalam kapasitas antioksidan yang dikandungnya.

Sejuta manfaat cranberry

Ada begitu banyak manfaat yang diberikan oleh buah Cranberry bagi kesehatan kita. Beberapa manfaat tersebut bahkan sangat penting bagi perempuan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Membantu menurunkan risiko terjadinya kanker

Karena kaya akan antioksidan dan juga vitamin C, buah Cranberry juga baik dikonsumsi untuk membantu mencegah munculnya beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan payudara. Dengan antioksidan, radikal bebas dalam tubuh pun tak akan menetap lama.

2. Melindungi gigi dari kuman

Kandungan proanthocyanidins dalam Cranberry menyebabkan kuman tak dapat menempel pada gigi sehingga mengurangi kemungkinan gigi berlubang. Namun tentunya kita tetap harus rajin menggosok gigi secara teratur.

3. Mencegah terjadinya pre-eklampsia pada ibu hamil

Pre-eklampsia adalah kondisi di mana ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah dan protein dalam urin. Jika tidak diatasi dengan benar, pre-eklampsia dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan hal ini tentunya berbahaya. Para ahli berpendapat bahwa dengan mengonsumsi vitamin E bersamaan dengan vitamin C akan mengurani risiko pre-eklampsia. Cranberry kaya akan vitamin C, 8 ons buah ini mengandung 25 mg vitamin C, sepertiga dari kebutuhan harian kita akan vitamin C.

4. Mempunyai efek seperti antibakteri

Buah Cranberry mengandung senyawa kimia yang berfungsi seperti antibakteri dan mencegah bakteri jahat seperti E. coli untuk menempel pada dinding saluran kemih yang dapat menyebabkan infeksi. Senyawa ini menyebabkan E. coli ikut terbuang bersamaan dengan urin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Cukup banyak kan, manfaat Cranberry? Oleh karena itu, konsumsilah buah Cranberry secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk kaum perempuan. Jika tidak menemukan buah segarnya, kita juga bisa minum Uri-cran, ekstrak Cranberry yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih dan dapat ditemukan di apotek-apotek terdekat.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *