fruits

Nutrisi Penting Saat Menginjak Usia 30 Tahun

Seiring dengan pertambahan usia, maka tubuh kita pun mengalami perubahan metabolisme. Agar tubuh tetap berenergi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi perempuan di atas usia 30 tahun.

Menua bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah kepastian. Tak perlu merasa berkecil hati ketika usia memasuki angka 30-an. Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian dalam gaya hidup agar tubuh tetap bugar dan sehat. Penting untuk memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari dan usahakan selalu untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin dan mineral (mikronutrien).

Sedikit namun esensial

Makronutrien yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun mikronutrien sangat diperlukan oleh organ-organ tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Berikut adalah nutrisi penting yang diperlukan bagi setiap wanita terutama mereka yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas.

1. Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan. Zat besi memiliki andil yang cukup besar untuk menghindari kelelahan tersebut. Zat yang banyak ditemukan pada daging merah, makanan laut, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan serelia ini memang sangat penting dalam mencegah anemia. Zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah yang bertugas untuk mengikat oksigen dalam darah. Oksigen ini akan ‘dikirim’ ke seluruh organ tubuh, termasuk otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan kelelahan adalah salah satu gejalanya.

Jumlah kebutuhan zat besi setiap hari untuk wanita usia 30 tahun ke atas: 13 mg

2. Seng

Mineral yang juga dikenal sebagai zinc ini banyak ditemukan dalam makanan laut dan daging merah. Seng berperan penting dalam mengatur reaksi enzim dalam tubuh, menjaga sistem imun dan sistem reproduksi. Kekurangan seng dapat mempengaruhi kesuburan, mengacaukan kerja hormon serta membuat tubuh rentan sakit.

Jumlah kebutuhan seng setiap hari untuk wanita usia 30 tahun ke atas: 13 mg

3. Protein

Zat yang satu ini memang bukan termasuk mikronutrien, melainkan masuk ke dalam kelompok makronutrien bersama dengan karbohidrat dan lemak. Namun demikian, fungsi protein sedemikian pentingnya karena ia bertugas untuk mengatur metabolisme dalam tubuh, membangun imunitas, dan menguraikan makanan. Jika kita mengalami gangguan seperti pada otot, kulit, rambut/kuku yang mudah patah, dan gampang sakit, kemungkinan besar itu adalah salah satu akibat dari kekurangan protein. Sumber protein sebenarnya cukup banyak, kita bisa menemukannya dalam daging merah, makanan laut, telur dan kacang-kacangan.

Jumlah kebutuhan protein setiap hari untuk wanita usia 30 tahun ke atas: 57 gram.

4. Vitamin B

Vitamin ini sangat penting untuk mereka yang memiliki pola hidup aktif agar tak mudah merasa stres dan lelah. Vitamin B dibutuhkan untuk mengubah karbohidrat dari makanan yang kita makan menjadi glukosa yang merupakan ‘bahan bakar’ dalam tubuh. Kekurangan vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, ikan, telur, susu, gandum dan kacang-kacangan ini dapat menyebabkan kita mudah stres, sulit tidur dan mengalami mood yang buruk.

Jumlah kebutuhan vitamin B setiap hari untuk wanita usia 30 tahun ke atas: 14 mg (vitamin B3); 1,3 mg (vitamin B6 dan vitamin B1).

5. Vitamin C

Perempuan sangat membutuhkan vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan aktif yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak kolagen sehingga timbul garis halus, kekeringan dan kerutan pada kulit. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah dan sayuran.

Jumlah kebutuhan vitamin C setiap hari untuk wanita usia 30 tahun ke atas: 90 mg.

Temukan manfaat lebih dari ekstrak Cranberry

Buah Cranberry sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C. Dengan mengonsumsi buah Cranberry (ataupun olahannya), sistem kekebalan tubuh kita akan terjaga dan membantu kita terhindar dari penyakit. Senyawa proanthocyanidin yang dikandung dalam Cranberry, menyebabkan bakteri penyebab ISK (E. coli) tak bisa menempel pada dinding saluran kemih sehingga mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

Di negeri tropis, buah Cranberry sulit ditemukan dalam bentuk segar, namun dengan mengonsumsi Prive Uri-cran yang berisi ekstrak buah Cranberry akan membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

Jangan lupa juga untuk mengatur pola hidup yang lebih baik, mengurangi waktu kerja atau hang out dan tidur lebih cepat, menghindari rokok dan alkohol, serta mengelola stres dengan melakukan hobi yang menyenangkan atau berlibur secara teratur. Selamat menikmati hidup sehat di usia 30-an Anda.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *