Beautiful young woman resting and drinking water in the gym

Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Risiko ISK

Beautiful young woman resting and drinking water in the gym

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan kita. Namun ada beberapa bentuk olahraga yang  dapat  meningkatkan risiko ISK (infeksi saluran kemih) bagi wanita.

 

Wanita sangat rentan terkena ISK. Hal ini disebabkan oleh salah satu organ saluran kemih yaitu  uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan pria. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ISK, misalnya masalah kebersihan alat kelamin, aktivitas seksual , atau adanya gesekan yang terjadi di sekitar vagina yang dapat mendorong bakteri ke dalam uretra sehingga berkembang biak dimana hal ini sering terjadi pada wanita saat berolahraga.

 

Olahraga yang meningkatkan risiko ISK

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa risiko ISK dapat diturunkan dengan berolahraga. Penjelasan yang diberikan oleh Melissa Goist, M.D., selaku Dokter Spesialis Kandungan asal The Ohio State University Wexner Medical Center adalah, orang yang rajin berolahraga memiliki siklus buang air yang lebih teratur.

 

Namun demikian, pada wanita yang mengalami ISK secara berulang, ada beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari, yaitu jenis olahraga yang mengharuskan wanita berada dalam posisi duduk untuk waktu lama dan mengalami banyak gesekan di area kewanitaan misalnya olahraga bersepeda, berkuda. Kegiatan olahraga seperti itu dapat mendorong bakteri lebih jauh ke dalam pembukaan uretra.

 

Jika Anda termasuk wanita yang pernah mengalami ISK berulang, carilah jenis olahraga ringan yang tidak menyebabkan gesekan di pangkal paha atau daerah kewanitaan, misalnya jalan kaki, berenang, berlari dan senam. Selain itu, tentu saja harus menjaga kebersihan dengan segera mandi setelah berolahraga.

 

Cegah ISK ketika dan setelah berolahraga

Saat melakukan aktivitas olahraga, tubuh kita akan basah dan berkeringat, pakaian yang kita kenakan pun menjadi lembab. Kondisi lembab inilah yang mendorong bakteri berkumpul dan berkembang biak serta menyebabkan infeksi, baik di daerah kewanitaan maupun bagian tubuh lainnya. Selain infeksi salurah kemih, kondisi lembab di daerah kewanitaan setelah berolahraga juga mengakibatkan ‘sports vagina’(kondisi di mana vagina terasa gatal, merah, berkerak dan mengeluarkan aroma tak sedap).

 

Untuk menghindari kondisi tersebut, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan ketika berolahraga:

  • Menggunakan pakaian olahraga yang longgar, (tidak terlalu ketat, kecuali memang diharuskan) memakai bahan dengan kualitas baik dan mampu menyerap keringat.
  • Mengenakan pakaian dalam dari bahan katun dan rajin menggantinya dengan yang bersih.
  • Segera mandi dan berganti pakaian setelah berolahraga.
  • Selalu membersihkan alat kelamin dengan benar yaitu mengusap dari arah depan ke belakang setelah buang air.
  • Mengonsumsi jus buah Cranberrysecara teratur karena cranberry mengandung bahan aktif proantocyanidinyang dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih. Saat ini telah hadir Prive Uri-cran, ekstrak buah Cranberry dengan manfaat untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih, yang tersedia di apotek-apotek terdekat.

 

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *