Smiling woman enjoying in her healthy skin, middle aged lady touching her face

Manfaat Cranberry untuk Kulit dan Rambut

Smiling woman enjoying in her healthy skin, middle aged lady touching her face

Cranberry adalah buah yang masuk dalam kategori buah buni (berry) yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Termasuk kesehatan kulit dan rambut.

 

Cranberrysudah banyak dikenal sebagai alternatif alami pencegahan infeksi saluran kemih atau ISK. Studi yang dipublikasikan oleh The Journal of Urologymenunjukkan bahwa dokter merekomendasikan produk Cranberrysebagai pertahanan melawan penyakit infeksi saluran kemih atau ISK. Para ahli riset melakukan analisis dan penilaian menyeluruh dalam 28 penelitian terhadap hampir 5.000 pasien yang memperkuat posisi Cranberrydalam membantu menurunkan risiko penyebab ISK.

 

Kandungan buah yang tumbuh subur di daerah utara bumi ini begitu beragam, ada vitamin C, B6, E dan K, mineral kalisum, potasium dan senyawa flavonoids serta asam salisilat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Tingkat keasaman (pH) Cranberry ada di antara angka 2 dan 3 namun tak mengganggu senyawa alkali yang dikandungnya. Ini membuat Cranberrysangat cocok untuk menjaga keseimbangan pH di rambut dan kulit kita.

 

Manfaat Cranberry untuk kesehatan kulit

Saat ini mungkin belum terlalu banyak orang yang menyadari manfaat Cranberrybagi kesehatan kulit. Padahal, buah yang berbentuk bulat agak lonjong dan berwarna merah jika telah matang ini dapat juga digunakan untuk perawatan kulit kita. Berikut adalah beberapa kegunaannya:

 

  1. Mengurangi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Penyebab munculnya jerawat yang paling sering ditemukan adalah tersumbatnya pori-pori kulit akibat kotoran maupun racun. Produksi minyak yang berlebihan di kulit juga dapat memperburuk kondisi jerawat. Antioksidan yang dikandung oleh Cranberrymembantu pembuangan racun dari tubuh sehingga tidak menumpuk di pori-pori.

 

Selain dikonsumsi, Cranberryjuga dapat dibuat sebagai masker wajah. Berikut cara pembuatannya:

  • Campurkan jus Cranberrydengan sedikit madu.
  • Tambahkan bubuk kulit jeruk sehingga berbentuk pasta.
  • Oleskan di wajah dan biarkan selama 20 menit.
  • Bersihkan dengan air hangat.

 

  1. Pembersih kulit

Jika kita sering berada di luar ruangan dan terkena polusi udara, kulit wajah kita akan merasakan dampaknya secara langsung. Gunakan buah Cranberrysebagai pembersih wajah agar kulitnya terlihat lebih lembut dan cerah. Berikut caranya:

  • Buka pori-pori wajah menggunakan uap air panas yang ditaruh di baskom.
  • Hancurkan beberapa buah Cranberrylalu tempelkan di wajah (hati-hati, jangan sampai kena mata).
  • Ambil handuk kecil, basahi dengan air hangat dan tempelkan di wajah, cara ini membuat kulit menyerap manfaat Cranberrydengan lebih baik.
  • Diamkan selama 5 menit kemudian bersihkan dengan air.

 

  1. Meningkatkan produksi kolagen  

MengonsumsiCranberrysecara teratur bermanfaat juga untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam sistem metabolisma tubuh. Kolagen adalah asam amino penting yang ditemukan pada jaringan seperti persendian, tulang, orot, dan sel darah. Kolagen juga mengencangkan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan noda-noda hitam di wajah.

 

Manfaat Cranberryuntuk kesehatan rambut

Siapa yang tak ingin memiliki rambut yang halus, kuat dan mudah diatur? Mengonsumsi Cranberrysecara teratur dapat meningkatkan kesehatan rambut. Kandungan vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien dan lainnya yang dikandung Cranberry, membuat buah ini mampu menutrisi rambut dan kulit kepala. Berikut adalah beberapa manfaat Cranberrybagi rambut:

 

  1. Mendorong pertumbuhan rambut

MengonsumsiCranberrysecara teratur dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih cepat, memperlambat munculnya uban, melindung ujung rambut agar tak bercabang dan lain sebagainya. Antioksidan dalam Cranberrymemperbaiki sirkulasi darah di kepala sehingga sel-sel rambut dan kulit kepala mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Jika sel-sel rambut kita mendapat nutrisi yang baik, maka hasilnya adalah kulit kepala yang sehat serta rambut yang indah dan terlihat cerah.

 

  1. Mengurangi ketombe

Kulit kepala yang berketombe dialami oleh jutaan orang di dunia. Penyebab ketombe yang paling sering ditemukan adalah kulit kepala yang mengalami kekeringan. Cranberryyang mengandung vitamin C, antioksidan seperti fitonutrien dan polifenol mencegah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas yang ditemukan di lingkungan. Antioksidan inilah yang membantu kulit kepala mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga terhindar dari kekeringan. Hal ini menyebabkan ketombe pun berkurang. Mineral lain seperizincdan selenium juga dapat turut menjaga kesehatan kulit kepala.

 

  1. Pewarna rambut alami

Jika kita senang mewarnai rambut, jus buah Cranberryjuga dapat digunakan untuk mewarnai rambut tanpa efek buruk zat-zat kimia karena berasal dari bahan alami. Membilas dengan jus Cranberrysecara teratur juga dapat membuat rambut terasa halus dan lembut. Tertarik? Yuk kita coba:

  • Cuci rambut seperti biasa dengan sampo dan air.
  • Pada tahap akhir, bilas rambut menggunakan jus buah Cranberry.
  • Diamkan sebentar, lalu bilas kembali dengan air.

 

Oleh karena itu, konsumsilah jus Cranberrysecara teratur untuk mendukung kesehatan tubuh, termasuk kulit dan rambut .

Referensi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *