Happy young woman enjoying sunny morning on the bed.

Tidur Nyenyak Tanpa Anyang-Anyangan

Happy young woman enjoying sunny morning on the bed.

Tidur Nyenyak Tanpa Gejala Anyang-Anyangan

 

Merasakan gejala anyang-anyangan karena  ISK (infeksi saluran kemih) ketika tidur tentunya sangat mengganggu. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut ini.

 

Gejala anyang-anyangan adalah kondisi di mana ada rasa ingin selalu buang air kecil, namun urin yang dikeluarkan hanya sedikit, seperti masih ada yang tersisa di kandung kemih. Selain itu, gejala rasa terbakar atau nyeri di area kandung kemih juga sering terjadi karena adanya  ISK. Gejala anyang-anyangan dapat membuat penderita tak nyenyak tidur dan sering bangun di malam hari karena rasa ingin selalu buang air kecil, dan efek dari kurang tidur ini dapat menyebabkan berbagai gejala lainnya  seperti pusing, kelelahan dan gangguanmood.

 

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit akibat gejala anyang-anyangan. Namun sebelumnya, mari kita kenali lebih dulu mengenai penyebab dan gejala dari ISK.

 

Apa yang perlu diwaspadai

Wanita memiliki risiko terkena ISK lebih sering dibandingkan pria, karena saluran kemih wanita (uretra) lebih pendek dibandingkan pria. Sekitar 80% kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E.coli), yang terdapat di saluran pencernaan. Bakteri E.coliterbuang bersama kotoran manusia, sehingga sering terdapat pada anus. Pola hidup yang tidak higienis, salah dalam cara membasuh organ intim, toilet dan air yang tercemar E. colidapat menyebabkan bakteri berpindah dan masuk ke dalam saluran kemih serta berkembang biak di sana.

 

Gejala ISK antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sensasi terbakar setelah berkemih
  • Sulit menahan keinginan berkemih
  • Urin berdarah atau warnanya berubah
  • Urin berbau menyengat
  • Perut bagian bawah sering kram

 

Gejala-gejala ini seringkali diabaikan atau dikaitkan dengan penyakit lainnya. Untuk memastikan apakah terkena ISK atau tidak, kita harus berkonsultasi dengan dokter agar dapat segera diobati dan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

 

Setelah dilakukan pemeriksaan yang serius, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik untuk mengobati infeksi yang terjadi. Obat ini harus dihabiskan karena jika tidak, malah dapat menyebabkan kekebalan pada antibiotik tsb sehingga dapat menyebabkan  infeksi yang berulang.

 

Mengurangi rasa sakit karena gejala anyang-anyangan

Gejala anyang-anyangan sangat mengganggu karena menyebabkan penderitanya lebih sering ke kamar mandi. Kondisi ini pun masih bisa dirasakan saat sedang tidur di malam hari. Berikut adalah dua hal yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit akibat gejala anyang-anyangan dan membuat tidur penderita dapat lebih nyenyak:

 

1. Minum air putih yang banyak

Sebenarnya cara ini masih dapat membuat penderita ISK harus bolak-balik ke kamar kecil. Namun setidaknya, minum air putih lebih banyak sangat baik untuk merehidrasi tubuh dan memperbaiki siklus buang air kecil. Minum yang cukup membuat urin tidak keruh sehingga lebih mudah untuk dibuang bersama bakteri yang ada di saluran kemih

2. Jus Cranberry

Cranberry merupakan buah  yang mengandung tinggi vitamin C  sebagai antioksidan. Selain itu, cranberrydipercaya dapat melindungi saluran kemih dengan cara mengubah sifat urin menjadi lebih asam dan menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Para ahli juga mengatakan bahwa bahan aktif dalam cranberry, yaitu  proantocyanidin dapat mencegah penempelan (anti-adhesi) bakteri E.coli pada dinding saluran kemih.

 

Mengonsumsi 50 ml jus Cranberrysetiap harinya dapat membantu mengurangi gejala anyang-anyangan yang sangat menyiksa dan meminimalkan risiko terjadinya ISK. Saat ini cranberry telah tersedia dalam bentuk ekstrak yaitu dalam Prive Uricran yang tersedia di apotek-apotek terdekat.

 

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *