female hand holding object shape heart concept

Menjaga Kesehatan Area Kewanitaanmu

female hand holding object shape heart concept

Penting bagi kaum perempuan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan serta kesehatan Miss V kita.

 

Daerah kewanitaan merupakan bagian tubuh perempuan yang tersembunyi dan kadang terabaikan untuk diperhatikan kebersihannya. Dengan segala kesibukan yang dialami perempuan zaman moderen, hal ini sangat mungkin terjadi. Bervariasinya makanan  yang saat ini tersedia  dapat menjadi salah satu faktor terjadinya ketidakseimbangan flora yang ada di daerah kewanitaan kita. Namun, sama juga dengan bagian tubuh lainnya seperti kulit dan rambut, kesehatan Miss V pun dapat dijaga secara alami.

 

Bagaimana caranya? Bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  1. Hindarimemakai sabun

Sabun mandi umumnya memiliki angka tingkat keasaman (pH) sekitar 7 atau lebih, itu sebabnya sabun dapat menyebabkan kondisi keasaman pada Miss V menjadi basa. Dengan pH daerah kewanitaan yang biasanya berkisar di angka 3,8 hingga 4,5, kondisi basa dapat menyebabkan bakteri baik di daerah Miss V akan mati. Itu sebabnya disarankan untuk membersihkan daerah kewanitaan tidak menggunakan sabun mandi, kecuali sabun khusus untuk daerah kewanitaan yang mempunyai pH yang seimbang. Sabun dengan pewangi sebaiknya dihindari karena sabun jenis ini dapat menyebabkan iritasi pada daerah kewanitaan.

 

Jika memang tidak ada gangguan, lebih baik membersihkan Miss V dengan membasuhnya menggunakan air bersih biasa dengan cara yang benar. Basuhlah daerah kewanitaan dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya bakteri atau kotoran dari daerah anus ke daerah kewanitaan. Cara mengeringkannya pun cukup ditepuk-tepuk secara perlahan, karena menggosok pun dapat menyebabkan luka atau iritasi.

 

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Mengonsumsi makanan yang bergizi serta minum dengan cukup dapat menjaga kesehatan daerah kewanitaan dari dalam secara alami. Makanan yang berasal dari tumbuhan, serta mengandung asam lemak esensial seperti yang ditemukan pada ikan salmon, biji-bijijan, telur, dan kacang dapat membantu menjaga keseimbangan pH di daerah kewanitaan dan menghindari Miss V menjadi kering.

 

Minumlah jus buah Cranberry yang mengandung antioksidan, vitamin E, dan vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika buah atau jus Cranberry sulit ditemukan, atau harganya tak terjangkau, kita tetap dapat menikmati segala kebaikan buah ini dalam Prive Uri-Cran dengan ekstrak Cranberry terutama untuk  membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Bahan aktif Proanthocyanidin yang terkandung dalam ekstrak Cranberry membantu mencegah penempelan bakteri E. coli, salah satu penyebab infeksi saluran kemih pada dinding Epitel saluran kemih

 

  1. Bahan pakaian

Untuk menghindari timbulnya infeksi jamur, penting kiranya untuk menjaga daerah kewanitaan agar tetap bersih dan kering. Pilihlah celana dalam dengan bahan katun untuk menyerap kelembaban dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Kondisi lembab juga dapat menjadi ‘sarang’ berkembangbiaknya bakteri dan jamur, oleh karena itu, sebaiknya kita juga segera mengganti pakaian olahraga dan baju renang basah sesegera mungkin.

 

  1. Rutin memeriksakan diri ke dokter kebidanan (ginekolog)

Sebagai sebuah usaha pencegahan atau preventif, perempuan yang sudah berada di atas usia 21 tahun atau yang sudah aktif secara seksual, perlu untuk memeriksakan diri ke dokter kebidanan atau ginekolog. Pemeriksaan diri ini perlu dilakukan secara rutin, sebaiknya setahun sekali. Ginekolog akan membantu untuk memeriksa daerah kewanitaan dan memberitahukan jika memang ada hal-hal yang ia curigai dapat membahayakan kesehatan kita. Pap smearjuga akan dilakukan oleh dokter ginekolog untuk mendeteksi kemungkinan adanya perubahan sel-sel yang mengindikasi kanker leher rahim.

 

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *