Kenali Jenis-jenis ISK

Kenali Jenis-Jenis ISK

Selama ini yang kita ketahui tentang ISK hanyalah berkaitan dengan salah satunya gejalanya yaitu anyang-anyangan atau gangguan saat berkemih yang menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Kita juga tahu penyebab ISK paling sering adalah bakteri E. coli dan rentan dialami oleh wanita. Tapi tahukah kamu jenis-jenis ISK? Yuk ketahui jenisnya dan cara pencegahannya

 

  1. ISK bagian atas

ISK jenis ini biasa terjadi pada pasien dengan gangguan saluran kemih yang disebabkan oleh adanya batu, penyumbatan dan penyakit penyerta seperti diabetes. Sebelum membahas lebih dalam terkait infeksi saluran kemih bagian atas ini, kita perlu tahu terlebih dahulu bahwa saluran kemih ternyata tidak hanya ujung dari kemaluan saja, tetapi termasuk didalamnya ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.  Saluran kemih bagian atas terdiri dari ginjal dan ureter. Bila infeksi terjadi pada organ ginjal disebut pielonefritis. Pielonefritis akut biasanya terjadi akibat adanya infeksi pada kandung kemih yang tidak diatasi yang menyebabkan bakteri dari kandung kemih naik ke ginjal (secara asendens). Pielonefritis akut juga dapat terjadi melalui infeksi hematogen atau melalui sistem pembuluh darah. Gejala yang timbul pada infeksi biasanya adalah demam, mual, dan menggigil. ISK bagian atas lebih berbahaya dan dapat memicu urosepsis, yaitu kondisi ketika bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar melalui pembuluh darah. Urosepsis bisa mengakibatkan tekanan darah turun hingga syok, bahkan kematian.

 

  1. ISK bagian bawah

ISK bagian bawah adalah infeksi/peradangan yang terjadi pada saluran kemih bawah yaitu pada kandung kemih dan uretra. Sama seperti ISK bagian atas, ISK bagian bawah juga sering disebabkan karena adanya bakteri pada saluran kemih. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas, bahkan dapat menjadi masalah kesehatan yang serius jika infeksi menyebar ke ginjal menjadi gejala ISK bagian atas.  Faktor risiko terjadinya ISK bagian bawah  umumnya karena adanya reaksi terhadap obat-obatan tertentu,iritasi dari penggunaan pembersih area kewanitaan, dan pemakaian kateter jangka panjang. Tidak hanya itu, ISK bagian bawah juga dapat terjadi sebagai komplikasi dari penyakit lain.

Infeksi jenis ini juga dapat terjadi jika tidak menjaga kebersihan alat kelamin terutama saat berhubungan badan. Gejala yang sering terjadi adalah terasa sakit saat buang air kecil, sakit/nyeri pada perut bagian bawah diatas tulang kemaluan, terasa sakit/nyeri di akhir berkemih, dan rasa anyang-anyangan. Pada pemeriksaan urin ditemukan adanya darah dan sel-sel darah putih.

Untuk pencegahan ISK, selain minum banyak air putih dan tidak menahan buang air kecil, kamu juga bisa mencegah ISK dengan memastikan air dalam toilet yang kamu gunakan itu bersih. Untuk wanita yang sedang dalam masa haid, rajin-rajinlah mengganti pembalutmu dan pastikan bahwa celana dalam yang kamu pakai memiliki bahan yang menyerap keringat. Selain itu, untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih, konsumsi Prive Uricran dengan kandungan ekstrak cranberry yang kini tersedia di apotek-apotek di sekitar Anda.

 

Rerefensi:

https://doktersehat.com/jenis-infeksi-saluran-kemih-berdasarkan-lokasi-kejadiannya/

https://www.scribd.com/document/341978338/Jenis-ISK

https://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih

https://doktersehat.com/infeksi-saluran-kemih/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *