pregnant woman with a blackboard with a list and copy space and white background

Checklist Penting Sambut Kehadiran Si Buah Hati

Buah hati yang ditunggu tak lama lagi akan hadir di tengah keluarga. Ibu, persiapkan segalanya dengan baik. Buatlah checklist apa saja kebutuhan menjelang hari persalinan.

 

Sembilan bulan si kecil dalam kandungan, tak sabar rasanya menanti kehadirannya. Calon ibu dan ayah, jangan lupa persiapkan kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam rangka menyambut si buah hati. Persiapannya bukan hanya kamar bayi atau biaya, namun juga persiapan mental calon ibu menghadapi persalinan, kelancaran prosesi kelahiran bagi sang ibu dan bayi.

 

Siapkan checklist-nya

  1. Diskusikan bersama dokter waktu perkiraan kelahiran si kecil, termasuk ketersediaan kamar perawatan.
  2. Siapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit, yang berisi baju ganti ibu dan baju si kecil serta selimut
  3. Babyproof rumah Anda. Pastikan kamar bayi sudah siap, pakaian dan perlengkapan bayi (kain bedong, seprai, selimut, sarung bantal guling) dan pakaian sudah dicuci. Cuci dengan menggunakan deterjen lembut dan bebas dari parfum. Anda dapat melakukan babyproofinglebih detail, misalnya menutup siku meja dan stop kontak, jika kelak si kecil sudah lebih aktif.
  4. Sambil menunggu kelahiran si kecil, ada baiknya calon ibu mengisi waktu dengan kegiatan positif, misalnya mengikuti kelas parenting, seminar kesehatan anak, dan sebagainya
  5. Membaca juga menjadi salah satu upaya memperkaya pengetahuan tentang bayi. Pilihannya bisa beragam, bisa buku atau artikel online. Pastikan sumbernya dapat dipercaya dan valid.
  6. Jaga kesehatan badan dengan makanan bergizi (sesuai anjuran dokter). Beberapa suplemen kesehatan juga mungkin dibutuhkan, misalnya Prive Uri-cran Plus yang mengandung ekstrak Cranberry, probiotik, dan vitamin C yang dapat membantu memelihara kesehatan.

 

Persiapan mental juga perlu

Kehamilan membawa sejumlah perubahan pada ibu hamil, mulai dari perubahan fisik, psikologis dan juga hormonal. Karena itu calon ibu juga perlu mempersiapan mentalnya sebagai seorang ibu.

 

Ada beberapa cara untuk mengatasi perubahan emosi, sehingga calon ibu dapat menikmati dan menjalani semua perubahan dengan baik. Salah satunya adalah dukungan suami dan keluarga.

 

Ada suatu kondisi yang mungkin terjadi  setelah persalinan, yaitu terganggunya emosi ibu, mulai dari yang ringan seperti baby blues syndrome, sampai yang berat (postpartum depression). Kondisi ini dapat dicegah dengan:

  • Belajar sebanyak mungkin tentang perubahan fisik dan psikologis selama kehamilan, persalinan, dan pengasuhan anak. Ini dapat membuka wawasan sehingga ibu dapat realistis menghadapi perubahan yang terjadi. Ada baiknya ibu bersosialisasi dengan sesama ibu hamil atau pengalaman ibu yang baru memiliki anak.
  • Luangkan waktu me time, misalnya dengan mendengarkan musik favorit, perawatan tubuh ke salon, atau cukup dengan minum secangkir coklat hangat favorit di sudut rumah.
  • Pastikan orang di sekeliling mendukung ibu setelah persalinan, misalnya dengan membantu dalam pengasuhan si kecil, dan memberi ruang serta waktu istirahat untuk ibu.

Nah, selamat menyambut kehadiran si kecil dalam pelukan Anda.

Referensi:

https://www.babycentre.co.uk/what-to-pack-in-your-hospital-bag

 

https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/menjelang-persiapan-melahirkan/

 

https://www.alodokter.com/bekal-persiapan-melahirkan-bagi-calon-ibu

 

https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/persiapan-melahirkan-normal/

 

https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/persiapan-mental-seorang-calon-ibu

 

https://doktersehat.com/depresi-postpartum-baby-blue-syndrome/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *