Cinema day. Happy young couple watching comedy movie in cinema, smiling.

Menonton Film Tanpa Diganggu Ingin ‘Pipis’

Sedang asyik-asyiknya menonton film di bioskop atau di rumah, tiba-tiba kebelet ingin ke toilet. Mau berdiri dan mengalihkan perhatian dari layar saja rasanya berat, takut ada adegan seru yang terlewat.

Kita mungkin menjadi bagian dari penggemar film yang ikut larut dalam keriuhan film Avengers: Endgame beberapa waktu lalu. Durasi film ini memang bisa dibilang ‘luar biasa’, sekitar 3 jam! Kebelet ‘pipis’ di tengah film yang berdurasi panjang sangat mungkin terjadi. Kebanyakan orang akan menahannya, bahayakah hal ini?

Efek buruk menahan pipis terlalu lama

Kapasitas normal kandung kemih manusia dewasa adalah sekitar 0,5 liter atau kurang lebih dua cangkir air. Saat baru terisi setengahnya, kandung kemih sudah mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya untuk berkemih. Kadang kita memang harus menahan sebentar keinginan untuk buang air kecil, namun jika dilakukan terlalu sering dapat berbahaya untuk kesehatan.

Menahan pipis terlalu sering dapat mengakibatkan hal berikut:

  1. Rasa sakit di kandung kemih atau ginjal

Selain rasa sakit di otot dasar panggul, saat berkemih pun terasa sakit. Bahkan untuk beberapa saat, setelah buang air kecil, otot di bawah perut dapat mengalami kram.

  1. Infeksi saluran kemih

Menahan berkemih terlalu lama mendorong bakteri untuk berkembang biak di saluran kemih dan menyebabkan ISK atau infeksi saluran kemih. Salah satu gejala ISK adalah keinginan berkemih yang sering namun hanya sedikit atau anyang-anyangan. Untuk membantu memelihara saluran kemih, coba konsumsi Prive Uri-cran dengan ekstrak buah Cranberry, dengan zat aktif Proanthocyanidin yang dapat mencegah bakteri E.coli salah satu penyebab ISK menempel pada dinding saluran kemih.

  1. Kandung kemih yang meregang

Kandung kemih yang meregang sulit berkontraksi untuk mengeluarkan urin. Ini menyebabkan penderita sulit berkemih sehingga mungkin saja terpaksa harus menggunakan kateter untuk berkemih.

  1. Kerusakan pada otot dasar panggul

Salah satu dari otot dasar panggul disebut urethral sphincter yang bertugas untuk menutup uretra (saluran kemih) saat tidak berkemih. Jika terjadi kerusakan pada otot ini, maka penderita akan sulit menahan pipis atau kadang mengalami ‘kebocoran’. Latihan Kegel dapat mengembalikan fungsi otot tersebut.

  1. Terbentuknya batu ginjal

Urin yang dikeluarkan tubuh mengandung beberapa mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat. Mereka yang memiliki kadar mineral cukup tinggi dalam tubuh dan jarang berkemih dapat mengalami pembentukan batu ginjal.

Agar nyaman saat menonton film dengan durasi panjang

Idealnya memang kita langsung berkemih saat sudah terasa ingin buang air kecil, tanpa perlu ditahan terlebih dulu. Namun jika ingin menonton film berdurasi panjang tanpa gangguan keinginan berkemih, berikut adalah tip agar nyaman menonton tanpa menahan buang air kecil:

  1. Hindari makan dan minum sekitar 1 atau 2 jam sebelum nonton
    Kita memang memiliki kebutuhan cairan yang perlu dipenuhi, yaitu sebesar delapan gelas sehari atau setara dengan dua liter cairan. Namun sebaiknya kebutuhan tersebut tidak dipenuhi mendekati waktu menonton. Begitu juga dengan makan, karena setelah makan biasanya kita ingin minum.
  1. Berkemih tepat sebelum film dimulai

Umumnya, manusia berkemih sekitar 2-3 jam sekali, namun ada juga yang lebih cepat, tergantung panjangnya saluran uretra. Untuk menyiasati keinginan berkemih saat menonton, berkemihlah tepat sebelum film dimulai. Dengan mengosongkan kandung kemih, kita masih punya cukup waktu hingga ia terisi kembali. 

  1. Hindari banyak minum saat menonton

Selain tidak banyak minum, hindari juga minuman bersoda atau kopi karena dapat menyebabkan kandung kemih lebih cepat terisi.

  1. Pakailah baju hangat atau jaket

Suhu dingin di dalam bioskop dapat membuat keinginan berkemih lebih sering terjadi. Memakai baju hangat atau jaket juga membuat kita merasa lebih nyaman.
Nah, sekarang kita bisa menikmati tontonan berdurasi panjang tanpa kebelet ‘pipis’ lagi.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *