Cranberry closeup top view. Organic beries over wooden background.

Buah Cranberry, Sahabat Kesehatan Anda

Di balik kesegaran cranberry tersimpan manfaatnya bagi kesehatan, terutama dalam pencegahan infeksi saluran kemih.

Cranberry berasal dari bagian utara Amerika Serikat, dan merupakan buah golongan berry yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Buah ini masih satu famili dengan strawberry, blueberry, dan raspberry. Cranberry ada beberapa jenis, antara lain Vaccinium macrocarpon, V. oxycoccos, V. vitis-idaea, dan V. erythrocarpum.

Di negara asalnya, Amerika Utara, cranberry kerap dijadikan pelengkap hidangan di perayaan hari tertentu, misalnya thanksgiving atau Natal.

Menurut The Cranberry Institute, cranberry Amerika Utara telah digunakan oleh penduduk asli Amerika sebagai makanan dan obat. Institut tersebut juga menyatakan bahwa Henry Hall (seorang veteran perang) menanam cranberry pertama yang digunakan secara komersial pada tahun 1816. Dan pada tahun 2003, Institute melaporkan bahwa ada sekitar 40.000 hektar budidaya cranberry di Amerika Serikat dan Kanada.

Bukan rahasia lagi jika buah cranberry dimanfaatkan sebagai pengobatan. Secara historis, cranberry digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk penyakit kandung kemih dan ginjal.

Mengintip kandungan gizi cranberry

Cranberry segar mengandung sekitar 90% air, karbohidrat, dan serat. Kandungan nutrisi dalam 1 cangkir cranberry (100 gram) mentah:

  • kalori: 46
  • protein: 0,4 gram
  • karbohidrat: 12,2 gram
  • gula: 4 gram
  • lemak: 0,1 gram
  • karbohidrat (terutama gula sederhana, seperti; sukrosa, glukosa, dan fruktosa)
  • serat: 4,6 gram

Kaya vitamin dan mineral

Cranberry kaya akan nutrisi penting yang berperan sebagai peningkat daya tahan tubuh. Apa saja?

  • Vitamin C: merupakan antioksidan utama dalam cranberry, yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Penting untuk menjaga kesehatan kulit, otot, dan tulang.
  • Mangan: mineral yang penting dalam pertumbuhan, metabolisme dan sistem antioksidan tubuh Anda.
  • Vitamin E: antioksidan esensial yang larut dalam lemak serta berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme tubuh
  • Vitamin K1: penting dalam sistem pembekuan darah
  • Tembaga: kekurangan mineral yang satu ini dapat memberi efek buruk pada kesehatan jantung.

Cranberry cegah ISK

Bukan rahasia lagi jika cranberry bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam mencegah penyakit infeksi saluran kemih (ISK) berulang. Ini karena cranberry mengandung fitonutrien unik yang dikenal sebagai proanthocyanidins tipe-A, yang dapat mencegah bakteri E. coli menempel pada dinding saluran kandung kemih. Mekanisme inilah yang membuat cranberry bermanfaat mencegah ISK berulang.

Para ahli mengingatkan bahwa cranberry dalam bentuk ekstrak mampu menjalankan fungsi pencegahan ISK. Prive Uri-cran mengandung ekstrak cranberry untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Kabar baiknya, kini Prive-Uri-cran dapat diperoleh di apotek dan toko obat terdekat.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *