Vitamin C, natural anti aging cosmetics serum ampullas and syringe

Vaksin bagi ISK, Sebuah Harapan Baru

Sungguh tak nyaman rasanya saat ISK menyerang. Terlebih lagi bagi mereka yang mengalami ISK secara berulang. Namun tak perlu khawatir, kini vaksin ISK tengah dikembangkan oleh para peneliti. Sebuah harapan baru bagi penderita ISK.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih Anda (ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra). Sebagian besar infeksi terjadi di saluran kemih bagian bawah, yakni kandung kemih dan uretra. Yuk kita kenali, bagaimana gejala dan penyebabnya. Lantas, apakah mungkin ISK dapat dicegah dengan vaksinasi?

Mengenal gejala ISK

  • Rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil meningkat namun jumlah urin sedikit
  • Warna urin cenderung keruh
  • Urin berbau tajam
  • Terkadang disertai rasa nyeri pada panggul

Penyebab ISK

Infeksi saluran kemih biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. Meskipun sistem saluran kemih dirancang untuk mencegah masuknya bakteri, pertahanan ini terkadang gagal. Dan ketika itu terjadi, bakteri berkembang biak dan dapat menyebabkan infeksi di saluran kemih.

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh Escherichia coli (E. coli), sejenis bakteri yang biasa ditemukan dalam saluran pencernaan.  Namun, terkadang bakteri lain juga dapat menginfeksi.

Semua wanita berisiko terkena ISK karena anatomi mereka, yakni  saluranuretra  yang pendek. Keluhan ISK terjadi ketika bakteri dari usus besar menyebar dari anus ke uretra karena adanya salah pembasuhan setelah buang air besar yang menimbulkan  peradangan dan infeksi.

Vaksin ISK, sebuah harapan baru

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat menimbulkan komplikasi berbahaya bila tidak ditangani dengan tepat. Antibiotik menjadi obat pilhan yang digunakan dalam mengatasi dan menyembuhkan ISK, namun sayangnya penggunaan antibiotik yang tidak terkontrol dapat menyebabkan bakteri penyebab ISK resisten alias kebal terhadap antibiotik.

Maka para ahli berpikir tentang adanya vaksin bagi ISK. Maka ditemukan vaksin FimCH yang merupakan vaksin antigen spesifik yang mengandung protein adhesi bakteri FimH. Protein FimH ini diperlukan untuk  bakteri E. coli berkolonisasi di saluran kemih. Vaksin akan menginduksi respon imun untuk menghambat protein FimH ini.

Adanya penemuan vaksin untuk mencegah ISK bagaikan oase bagi wanita yang cenderung mengalami ISK berulang. Selama proses uji klinis, vaksin FimCH menunjukkan  dapat mencegah ISK yang disebabkan oleh E. coli. Saat ini, keputusan untuk menyetujui vaksin ini sedang dipercepat oleh badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, FDA. Jika disetujui, vaksin ini akan mencegah ISK yang resisten dengan  antibiotik dan akan sangat membantu bagi wanita dengan ISK berulang.

Selain vaksin, sebagai langkah untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih, ada baiknya pula Anda mengonsumsi Prive Uri-cran. Ekstrak buah cranberry dengan  bahan aktif proanthocyanidins mampu mencegah bakteri E. coli menempel  pada dinding saluran kemih. Prive Uri-cran dapat menjadi salah satu pilihan untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih Anda dan keluarga.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *