Woman stretching

Mengatasi ‘Beser’, Tanpa Khawatir terjadi ISK

Minum air putih 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter sangat disarankan oleh para ahli, agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Namun ada kalanya hal ini membuat kita jadi sering berkemih alias ‘beser’. Berikut cara mengatasinya.

 

Tubuh kita mengeluarkan zat-zat racun berbahaya dalam tubuh atau sisa metabolisme melalui saluran ekskresi. Salah satunya adalah ginjal yang kemudian mengeluarkan urin dan ditampung di kandung kemih. Normalnya, orang akan berkemih tak lama setelah ia minum segelas air. Namun ada juga yang mengalami ‘beser’ atau berkemih lebih sering dari 8 kali sehari. Bagaimana cara mengatasinya?

 

  1. Membatasi minuman berkafein

Hindari minum kopi, teh, atau minuman lain yang berkafein seperti kola karena  bersifat diuretik atau membuat kita sering berkemih. Sebaiknya tetap memenuhi kebutuhan akan air dengan minum air putih dalam jumlah yang sesuai.

 

  1. Hindari makanan yang pedas dan asam

Makanan jenis ini ternyata dapat mengakibatkan iritasi pada kandung kemih, membuat kondisi beser semakin parah. Ada beberapa buah yang dapat mengakibatkan kita lebih sering berkemih, misalnya jeruk, nenas, tomat, dan lainnya. Makan dan minum juga sebaiknya sudah dihentikan dua jam sebelum tidur, agar waktu tidur kita berkualitas dan tak perlu sering bangun untuk berkemih.

 

  1.  Latihan menahan keinginan berkemih

Ada satu jenis latihan yang disebut senam Kegel yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah beser. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Berusahalah untuk fokus dan santai
  • Kuatkan otot dasar panggul dan bawah perut, seperti sedang menahan kemih.
  • Tahan selama 5 hitungan, lalu kendurkan.
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 8 hitungan.

 

Latihan Kegel ini bisa dilakukan kapan pun dan di manapun, dalam posisi duduk, berdiri, atau berbaring sekalipun. Latihan ini membantu mengencangkan otot di sekitar saluran kemih, vagina, juga otot dasar panggul.

 

  1. Latihan menahan berkemih

Cara ini sebenarnya adalah bentuk ‘praktek’ dari latihan Kegel. Menahan pipis selama paling lama 30 menit, ternyata baik dilakukan untuk mengurangi kebiasan beser Anda. Tapi sebaiknya tidak lebih lama karena dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kemih Anda.  

 

  1. Minum ramuan herbal

Rebusan daun dan kulit pohon jamblang banyak disarankan untuk mengatasi “beser”. Bahan yang dibutuhkan adalah tiga lembar daun jamblang, dua kulit pohon jamblang sebesar jari tangan, dan kunyit dengan ukuran sama. Cara membuat dan mengonsumsinya adalah sebagai berikut:

  • Agar bersih, cuci semua bahan, lalu potong-potong kulit pohon jamblang serta kunyit.
  • Rebus semua bahan dengan lima gelas air, hingga air yang tersisa tinggal kurang lebih tiga gelas.
  • Minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas setelah makan. Kondisi beser akan berkurang secara bertahap.

 

  1. Olahraga secara teratur

Ada hubungan yang cukup erat antara beser dengan olahraga secara teratur. Saat kita berolahraga, tubuh memiliki kesempatan untuk membuang racun dan sisa metabolisme melalui kulit (keringat). Dengan demikian, kandung kemih pun akan terisi dalam waktu yang lebih lama dan keinginan berkemih berangsur semakin jarang.

 

  1. Mengonsumsi makanan anti beser

Beser juga merupakan salah satu faktor risiko dari ISK atau infeksi saluran kemih. Untuk menghindari terjadinya infeksi bakteri di saluran kemih, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Beberapa makanan ini dipercaya memiliki khasiat anti bakteri yang baik dikonsumsi untuk penderita ISK, yaitu yoghurt, kemangi dicampur madu, biji wijen dicampur olahan tebu (jaggery), juga buah Cranberry.

 

Mendapatkan buah Cranberry di negara tropis memang tidak mudah, namun sekarang kita dapat menikmati manfaat buah Cranberry ini dalam bentuk ekstraknya dengan cara mengonsumsi Prive Uri-cran yang mengandung bahan aktif proanthocyanidin yang dapat  mencegah ISK dengan mencegah bakteri E. coli menempel pada dinding saluran kemih sehingga membantu memelihara kesehatan saluran kemih.

 

Selain itu, jagalah selalu kebersihan dari pakaian dalam Anda ketika mengalami “beser”. Kondisi lembab pada pakaian dalam dapat membuat bakteri lebih cepat berkembang biak di daerah tersebut dan menyebabkan ruam atau bahkan infeksi.

 

Referensi:

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *