Close up of a woman with hands holding her crotch, isolated in green

Ada Apa di Balik Urine yang Beraroma Menyengat?

Suatu hari saat berkemih Anda mendapati urine lebih berbau, tak seperti biasa. Hati-hati, ini bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres di tubuh Anda.

 

Jika peduli pada kesehatan, cobalah untuk memperhatikan warna serta aroma urine Anda saat berkemih. Urine merupakan produk buangan yang terdiri dari berbagai zat yang tidak diperlukan oleh tubuh yang berasal dari makanan/minuman yang kita konsumsi. Meski sebagai cairan buangan, warna, jumlah serta bau urine dapat menjadi indikator kesehatan seseorang.

 

Urine memiliki warna yang berbeda-beda tergantung berapa banyak air yang dikonsumsi. Semakin banyak air putih yang dikonsumsi, semakin jernih warna urine yang dikeluarkan tubuh. Jumlah dan konsentrasi berbagai produk limbah yang dikeluarkan oleh ginjal yang menyebabkan bau. Sebaliknya, urine yang mengandung banyak air dan beberapa produk limbah memiliki sedikit bau. Jika urin berwarna gelap, itu artinya produk limbah tinggi dan kandungan air sedikit, urin memiliki bau amonia yang kuat.

 

Mengapa urine beraroma tajam?

Faktor penyebab urine berubah warna dan aroma amat beragam, bisa diakibatkan oleh makanan/minuman dan obat-obatan. Makanan seperti asparagus atau vitamin tertentu, dapat menyebabkan bau urine yang khas. Namun jangan sepelekan, terkadang aroma urine yang tidak biasa menunjukkan adanya komplikasi kesehatan atau penyakit tertentu, seperti: infeksi saluran kemih (ISK), dehidrasi, diabetes, dan lain-lain.

 

Yuk kita cermati satu persatu;

 

  1. Dehidrasi
    Merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Akibatnya volume urine menjadi berkurang dan konsentrasi zat kimia semakin tinggi. Kondisi dehidrasi biasanya ditandai dengan warna urine yang keruh (pekat), yakni kuning tua menuju oranye. Bukan hanya itu, aroma amonia urine pun menjadi lebih kuat.

 

  1. Infeksi saluran kemih (urinary tract infection)
    Kondisi ini merupakan penyebab umum urine berbau pada perempuan, meskipun beberapa laki-laki juga bisa terkena infeksi. Bakteri yang masuk ke saluran kemih menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). Gejala dari ISK ditandai dengan urine yang berbau menyengat disertai dengan rasa ingin buang air kecil terus menerus serta merasa nyeri saat buang air kecil—biasa disebut anyang-anyangan.

 

  1. Diabetes
    Ini terjadi terutama pada diabetes mellitus tipe 2 yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Konsekuensinya, selain frekuensi buang air kecil yang meningkat, juga membuat bau urine yang khas. Penderita diabetes memiliki urine dengan bau keton. Keton adalah produk yang dihasilkan dari pembakaran lemak dan otot. Tubuh terpaksa memecah lemak dan otot menjadi energi karena sel tidak mendapatkan gula untuk diolah menjadi energi. Keton yang merupakan sisa metabolisme ini akan dikeluarkan bersama urine, dengan bau yang khas. Ginjal akan mengeluarkan kelebihan gula melalui urine, jika kadar gula darah di atas 180mg/dl.

 

Selain tiga faktor di atas, penyebab urine berbau juga dapat disebabkan oleh makanan (misalnya asparagus, lobak, bawang putih), kelebihan multivitamin, terlalu lama menahan pipis, dan sebagainya.

 

Tip menjaga kesehatan saluran kemih

Ada sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan agar urin tidak berbau, yakni dengan menjaga kesehatan saluran kemih. Caranya?

  • Perbanyak minum air putih, minimal 2 liter per hari (8 – 10 gelas)
  • Jangan biasakan menahan pipis
  • Pastikan tuntas saat berkemih, jangan terburu-buru
  • Buang air kecil normalnya 5 – 7 kali sehari. Jika kurang dari itu tambah porsi minum
  • Usai berkemih, basuh dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya
  • Konsumsi cranberry yang mengandung bahan aktif proanthocyanidins yang dapat mencegah bakteri menempel pada saluran kemih. Prive Uri-cran mengandung extract cranberry untuk membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Prive Uri-cran dapat Anda peroleh di apotek-apotek terdekat.

 

Referensi:

https://www.womenshealthmag.com/health/a19931057/causes-of-smelly-urine/

https://www.mayoclinic.org/symptoms/urine-odor/basics/causes/sym-20050704

https://www.alodokter.com/kencing-bau-menyengat-bisa-jadi-pertanda-penyakit

https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/urinalysis/about/pac-20384907

https://www.guesehat.com/kenali-gejala-diabetes-dari-bau-urine-kamu

https://lifestyle.bisnis.com/read/20170207/106/626580/urine-anda-berbau-tajam-waspadai-7-penyebab-berikut-ini

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *