iStock-973917568

Posisi Berkemih bagi Perempuan

Cara berkemih yang tidak tepat dapat menyebabkan urin tidak keluar secara keseluruhan, hal ini tentunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Bagaimana cara berkemih yang benar bagi perempuan? Baca terus artikel ini.

 

Entah berawal sejak kapan, namun di zaman moderen ini, sudah menjadi sebuah kesepakatan bersama bahwa perempuan buang air kecil atau berkemih dengan cara duduk di kloset, sedangkan kaum laki-laki berdiri menghadap urinoir. Padahal, menurut beberapa artikel/referensi, ada cara lain yang efektif untuk berkemih dan dapat mencegah beberapa penyakit.

 

Menguras kandung kemih dengan lebih baik

Berdiri, duduk, atau jongkok? Hal ini sering menjadi perbincangan di kalangan para pemerhati kesehatan. Berkemih dengan cara berdiri memang dianggap lebih memudahkan bagi para lelaki. Hingga kemudian di tahun 2012, seorang politikus Swedia bernama Viggo Hansen mendukung peraturan bagi kaum laki-laki untuk berkemih dengan cara duduk. Alasannya, karena lebih higienis dan urin tidak terciprat ke mana-mana.

 

Di tahun yang sama, Stephen Seng, seorang environmentalist, mengatakan bahwa berkemih dengan cara duduk bagi laki-laki selain lebih higienis juga baik bagi kesehatan.

 

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Leiden University Medical Center di Belanda. Dari 14 penelitian yang mereka jalankan, ditemukan bahwa berkemih dengan cara duduk dapat menuntaskan berkemih sehingga tidak tersisa. Selain itu, posisi berkemih duduk juga sangat membantu bagi para penderita penyakit saluran kemih bagian bawah atau LUTS (lower urinary tract infection).

 

Posisi berkemih terbaik

Bagi perempuan, ternyata ada cara berkemih yang efektif yaitu dengan cara jongkok. Cara yang di zaman nenek-kakek kita dulu sudah biasa dilakukan karena penggunaan kloset belum menjadi hal yang umum. Berjongkok dapat memperpanjang dan memperkuat otot-otot panggul. Hal ini juga berarti memperkuat panggul dan membantu kinerja usus dan kandung kemih, menstabilkan sendi pinggul, serta meningkatkan sirkulasi darah di area panggul.

 

Buang air kecil dalam posisi jongkok, terutama bagi perempuan, disarankan karena dapat menghindari inkonsistensi saluran kemih, infeksi saluran kemih dan masalah yang berhubungan dengan kandungan (ginekologis). ISK atau infeksi saluran kemih ditandai dengan gejala anyang-anyangan (frekuensi ingin berkemih yang lebih sering, namun hanya sedikit urin yang ke luar), rasa perih dan sakit saat buang air kecil, urin keruh, urin berwarna kemerahan karena bercampur darah, beraroma tajam dan tidak jernih, serta sakit di perut bagian bawah.

 

Membersihkan daerah kewanitaan dengan benar

Selain posisi berkemih yang benar, membersihkan area kewanitaan setelah berkemih juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebuat riset yang dilakukan Tap Warehouse di Inggris membuktikan banyak 33% perempuan yang masih membersihkan area kewanitaan setelah buang air dengan cara yang salah. Padahal, kesalahan ini dapat mengakibatkan risiko kesehatan di masa mendatang.
Letak anus dan saluran kemih (uretra) perempuan sangat dekat, sehingga arah membersihkan kemaluan yang baik sebaiknya dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jika bakteri yang berada di anus tersapu dan sampai di uretra, bakteri dapat naik terus ke saluran kemih dan berkembang biak di sana. Sehingga menyebabkan berbagai gejala yang tak menyenangkan dari ISK.

 

Agar hal tersebut tak terjadi, sebaiknya kita menjaga kebersihan area kewanitaan dan sekitarnya, serta mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Salah satunya adalah buah Cranberry dengan bahan aktif proanthocyanidins yang memiliki sifat anti-adhesi, yaitu mencegah penempelan bakteri di dinding epitel salurang kemih.

Prive Uricran dengan kandungan ekstrak Cranberry dapat membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Sediaan Prive Uricran praktis dan dapat ditemukan di berbagai apotek di daerah Anda.

 

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *