Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil

Proses buang air kecil merupakan kebiasaan alami tubuh untuk membuang limbah yang tidak dibutuhkan tubuh, termasuk bakteri atau zat lainnya yang sudah tak berguna. Daya tampung kandung kemih hanya 0,4 liter urine. Kalau kamu sering menahan kencing, maka zat-zat berbahaya tadi bisa mengendap, dan akan berisiko tidak saja menyebabkan infeksi saluran kemih, tapi bisa jadi penyebab munculnya berbagai penyakit.

Dampak Sering Menahan Buang Air Kecil

  1. Gejala Anyang-anyangan

Kebiasaan menunda buang air kecil akan mengganggu kerja organ saluran kemih atau urologi. Karena saat kamu berusaha menahan agar urine tidak keluar, pastinya kamu berusaha keras melawan sinyal yang diberikan saraf kandung kemih dan otak untuk segera buang air kecil. 

Akibat berusaha menahan itulah muncul kram otot pada kandung kemih yang berkontraksi terus menerus, memunculkan rasa nyeri di bagian bawah perut, dan akhirnya rasa nyeri bisa menyebar ke area pinggang. Efek lanjutannya kalau suka menahan kencing seperti ini, kamu akan tetap merasa ingin kencing meskipun urine sudah dikeluarkan. Efek ini sering dikenal dengan sebutan anyang-anyangan.

  1. Pembengkakan Kandung Kemih

Daya tampung kandung kemih yang terbatas, yaitu sekitar 440 ml cairan, mengharuskan kamu untuk rutin buang air kecil, demi mengeluarkan urine yang memenuhi kandung kemih. Jika kamu menahan buang air kecil, otomatis terjadi penumpukan urine. Inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya pembengkakan kandung kemih. Jika dibiarkan terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

  1. Munculnya Batu Ginjal

Menahan kencing secara terus menerus juga dapat memicu munculnya batu ginjal. Biasanya penyakit batu ginjal ini terjadi akibat kandungan mineral di dalam urine cukup tinggi, seperti kalsium, oksalat, sistein, dan asam urat.

Batu ginjal juga dapat terbentuk dari kadar mineral yang normal, namun jumlah produksi urine setiap harinya menjadi sedikit akibat kamu kurang minum. Kalau sampai muncul batu ginjal, kamu akan merasakan sakit yang sangat hebat saat buang air kecil. 

Nah, sudah tahu dampak buruk dari kebiasaan menahan kencing, kan? Yuk hilangkan kebiasaan buruk ini segera. Dan untuk menjaga kesehatan saluran kemih dan menghindari berbagai penyakit infeksi saluran kemih, kamu bisa mengonsumsi ekstrak Cranberry yang kaya akan vitamin C dan E, juga mengandung bahan aktif proanthocyanidins (PAC) yang dapat mencegah menempelnya bakteri E.coli di dinding epitel saluran kemih.

Referensi:

https://hellosehat.com/urologi/akibat-menahan-kencing/

https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/prive-uricran-plus-8-gr-15-sachet

https://www.sehatq.com/artikel/dijuluki-makanan-super-inilah-manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *