Yuk Jaga Dirimu dari Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan gangguan yang menyerang organ saluran kemih. Salah satunya bisa diakibatkan dari masuknya bakteri E.coli, yang berkembang biak di saluran kemih. Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa menyerang siapa saja, namun paling banyak menyerang perempuan. Ini karena anatomi saluran kemih perempuan lebih pendek. 

Beberapa gejala infeksi saluran kemih, antara lain: 

  • Anyang-anyangan, atau sering ingin buang air kecil, tapi air kencing yang keluar sedikit. 
  • Muncul rasa nyeri saat buang air kecil, disertai warna urine lebih keruh dan berbau.
  • Rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian bawah atau panggul.

Cara Menjaga Diri dari Infeksi Saluran Kemih

Agar saluran kemih tetap sehat sebenarnya mudah lho, Girls. Kamu tinggal membiasakan diri untuk melakukan beberapa hal berikut: 

  1. Tidak Menahan Keinginan BAK. 

Begitu merasa ingin buang air kecil, segera saja lakukan ya, karena menahan kencing sampai 3 jam saja sudah memperbesar potensi bakteri berkembang biak. Jangan lupa bersihkan dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang. Kemudian, keringkan dengan baik agar tidak lembab dan tidak jadi sarang bakteri.

  1. Penuhi Kebutuhan Air Minum Harian. 

Biasakan minum air minimal 8 gelas karena akan membantu tubuh memproduksi urine dalam jumlah cukup, sehingga bakteri yang ada di saluran kemih bisa ikut terbuang bersama aliran urine yang keluar. Selain itu, kurangi mengkonsumsi minuman yang berwarna. 

Kalau kamu ingin rasa yang manis-manis, cobalah konsumsi jus buah atau ganti camilan dengan buah segar. Salah satu jenis buah yang bagus untuk menjaga kesehatan organ tubuh, terutama saluran kemih, adalah buah Cranberry. Jenis buah ini mengandung antioksidan tinggi kaya akan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, sodium, zinc, dan zat besi. Salah satu manfaatnya, mencegah terjadinya infeksi saluran kemih berulang.

  1. Mengganti Pakaian dalam Minimal 2 Kali Sehari.

Rutin mengganti pakaian dalam merupakan cara ampuh menjaga kesehatan saluran kemih dan menjaga kesehatan organ intim. Pakaian dalam yang bersih akan membebaskan kamu dari rasa lembab, basah, dan kemungkinan bakteri berkembang biak. Jangan lupa pilih pakaian dalam yang terbuat dari katun dan mudah menyerap lembab serta keringat ya.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *