Sudah Mulai WFO? Waspadai Kebiasaan Pemicu ISK Ini!

Hampir dua tahun kamu bekerja dari rumah, pastinya sudah terbentuk kebiasaan baru dan kenyamanan baru. Lalu karena harus kembali work from office (WFO), kamu jadi abai untuk hal-hal kecil yang malah bisa membahayakan kesehatan. Salah satunya, bisa memperbesar risiko terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK). Apa saja sih kebiasaan yang bisa jadi faktor risiko/pemicu terjadinya ISK?

  1. Sering Menahan Kencing

Ada anggapan yang berkembang dalam masyarakat, kalau penggunaan toilet umum, apalagi yang kebersihannya tidak dijaga dengan baik, menjadi penyebab ISK. Akibat anggapan ini, kamu berusaha menahan kencing saat dalam perjalanan atau saat berada di tempat kerja, demi meminimalkan penggunaan toilet umum. 

Padahal penggunaan toilet umum bukan penyebab infeksi saluran kemih, mengingat bakteri penyebab ISK, yaitu E.coli, sebenarnya berasal dari tubuh kita sendiri. Bakteri tersebut tinggal di saluran pencernaan dan bersarang di dubur. 

Kebiasaan menahan kencing karena tidak ingin menggunakan toilet umum menjadi salah satu faktor resiko terjadinya ISK. Dengan kamu menahan kencing, kamu memberi waktu pada bakteri yang sudah terkumpul di saluran kencing untuk berkembang biak, dan naik ke kandung kemih. Akibatnya, infeksi pun terjadi. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk memperbaiki kebiasaan menahan kencing, dan langsung saja buang air kecil begitu terasa ingin kencing.

  1. Area Organ Intim Lembab dan Tak Terjaga Kebersihannya

Faktor risiko lain kamu bisa kena ISK adalah area organ intim sering dalam kondisi lembab dan cara membersihkan organ intim yang tidak benar. Inilah yang kemudian membuat bakteri E.coli penyebab ISK masuk ke saluran uretra, bahkan sampai kandung kemih, dan menyebabkan terjadinya infeksi. 

Kalau kamu membersihkan organ intim dengan mengusapkan tangan dan melakukan penyiraman dari arah anus ke vagina, maka bakteri pun ikut berpindah. Dalam kondisi area vagina yang lembab, bakteri bisa bertahan untuk beberapa saat dan berkembang biak. 

Oleh karena itu, salah satu tindakan pencegahan ISK yang harus kamu lakukan adalah membersihkan alat kelamin dari depan ke belakang atau dari vagina ke anus. Setelahnya, seka dan keringkan area organ intim dengan benar (dari arah depan ke belakang juga), sampai benar-benar kering.

  1. Terlalu Fokus Bekerja sampai Lupa Minum

Kebiasaan berikutnya yang sering dilakukan para pekerja kantoran adalah terlalu fokus bekerja, lupa minum atau malas berjalan ke pantry untuk mengambil air minum. Kalau asupan cairan kurang, tentunya dorongan untuk buang air kecil juga berkurang. Akibatnya, bakteri yang sudah ada di dalam saluran kemih jadi tidak bisa dikeluarkan dari tubuh melalui urine. 

Maka disarankan agar kamu lebih banyak minum air putih supaya bisa membuang racun di tubuh sekaligus mendorong semua bakteri yang terbentuk keluar dari tubuh. Jika sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari, sebaiknya sedia saja air minum di botol besar, sehingga kamu tidak perlu bolak-balik ke pantry hanya untuk minum. 

Tips lainnya supaya kamu bisa terhindar dari ISK, sedia ekstrak cranberry di dalam tas kerja. Kamu bisa meminumnya kapanpun kamu mau. Apalagi ada banyak manfaat baik dari cranberry kalau kamu meminumnya secara teratur. Sehat selalu dan jaga diri baik-baik, ya. Selamat WFO.

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *