Takut Risiko Gangguan Saluran Kemih Saat Road Trip? Cobain 5 Tips Sederhana Ini

Moda transportasi darat menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan untuk perjalanan jauh belakangan ini. Tapi, melakukan road trip ada risiko tersendiri, lho. Apalagi kamu yang malas buat mampir ke toilet umum untuk buang air kecil. Perlu kamu ketahui, menunda buang air kecil bisa memicu gangguan dan infeksi saluran kemih. Selain nyeri, tentunya perjalananmu juga jadi nggak nyaman. 

Biar terbebas dari masalah saluran kemih saat melakukan road trip atau perjalanan panjang, cobain deh tips sederhana ini.   

Membawa Air Mineral Botol

Salah satu penyebab terjadinya gangguan saluran kemih misalnya ISK adalah bakteri yang ada di air untuk menyeka. Apalagi di toilet umum yang sumber airnya tidak terjamin kebersihannya. Kadang, air dalam bak toilet juga terlihat kurang bersih. Untuk mengantisipasi, lebih baik bawa air mineral botol untuk membasuh area kewanitaan sehabis buang air kecil agar lebih terjamin kebersihannya.

Menyiapkan Pakaian Dalam Pengganti

Kalau lagi terburu-buru, siapa yang suka lupa buat mengeringkan area kewanitaan dengan tisu? Hati-hati lho, area tersebut jadi lebih lembab dan bakteri mudah berkembang biak. Makanya, penting buat siap sedia pakaian dalam pengganti di tas jinjing. Biar saat dibutuhkan, nggak perlu ribet buat membuka koper.

Sempatkan Diri untuk Buang Air Kecil

Nggak usah menunggu sampai tiba di rest area buat buang air kecil. Saat di perjalanan, melihat pom bensin atau toilet umum, sempatkan diri buat berhenti dan buang air kecil walau belum kebelet banget. Nggak baik lho menahan buang air kecil selama perjalanan panjang.

Konsumsi Buah Cranberry

Bila kamu mulai keseringan buang air kecil yang gak tuntas, bisa jadi kamu sudah terkena infeksi saluran kemih, tuh. Untuk membantu meredakan dan melancarkan kembali BAK, konsumsi buah cranberry atau produk yang mengandung ekstrak cranberry. Kandungan dalam buah cranberry dapat membantu mencegah penempelan bakteri E.coli sehingga dapat mencegah terjadinya ISK.

Yuk bikin road trip kamu makin menyenangkan tanpa takut terjadi gangguan/infeksi saluran kemih dengan mencoba tips di atas!

Source: https://www.google.com/url?q=https://primayahospital.com/penyakit-dalam/tips-mudik/&sa=D&source=editors&ust=1617948700140000&usg=AOvVaw1NMO6AzFUlk89okvFdr9Xz

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *