Kebiasaan Baik #DirumahAja untuk Membantu Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Selama masa pandemi, aktivitas kita lebih banyak dilakukan di rumah. Meski #dirumahaja, kita tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim agar terhindar dari ancaman gangguan saluran kemih akibat infeksi bakteri. Nah, ada kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa kita lakukan #dirumahaja supaya saluran kemih terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Apa saja kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan saluran kemih?

  1. Rutin Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari

Kebiasaan baik yang pertama dan paling penting kamu lakukan adalah minum air putih minimal 8 gelas, terutama pada siang hari. Minum banyak air putih akan membantu menyiram ginjal dan kandung kemih secara alami, sekaligus memastikan jumlah urine di kandung kemih cukup sehingga kamu akan lebih sering buang air kecil.

  1. Ganti Celana Dalam Minimal 1 Kali Sehari

Karena lebih banyak menghabiskan waktu #dirumahaja, jangan keenakan nggak mandi, nggak ganti baju, bahkan sampai nggak ganti celana dalam. Padahal celana dalam yang lembab akibat tidak benar-benar kamu keringkan dengan baik setelah BAK atau BAB, serta kena keringat dalam waktu lama, akan menjadi sarang bakteri. 

Nah, daripada bakteri dari celana dalam masuk ke saluran kemih dan membuat kamu mengalami gejala karena gangguan saluran kemih, lebih baik mulai kebiasaan baik dengan rajin ganti celana dalam minimal 1 kali sehari. Cara ini dapat membantu kesehatan saluran kemih sehingga kamu pun terhindar dari risiko terjadi ISK.

  1. Nggak Menunda Buang Air Kecil

Ketika merasa ingin buang air kecil, lakukan segera dan nggak menundanya. Kalau kamu menunda keinginan buang air kecil, maka kamu memberi kesempatan bakteri tinggal lebih lama di saluran kencing hingga akhirnya masuk ke kandung kemih. 

  1. Minum Ekstrak Cranberry yang dapat membantu menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Kebiasaan #dirumahaja yang perlu kamu lakukan demi bisa jaga kesehatan saluran kemih adalah minum ekstrak cranberry. Ekstrak cranberry mengandung bahan aktif proanthocyanidins yang dapat membantu mencegah penempelan bakteri penyebab ISK di dinding saluran kemih. Dengan  mengonsumsi ekstrak cranberry dapat menghindarkan kamu dari gangguan saluran kemih

So, meski #dirumahaja, selalu lakukan 4 kebiasaan baik di atas untuk bantu kamu jaga kesehatan saluran kemih ya, Sis! 

Referensi: 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *