Mengatasi Gejala ISK Tidak Bisa dengan Banyak Minum!

Ada berbagai referensi tentang penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang menyebutkan hampir separuh perempuan di dunia pernah mengalami gangguan saluran kemih ini. Bahkan banyak di antaranya yang mengalami infeksi berulang. Meski dikatakan banyak, jangan sampai kamu jadi salah satu perempuan yang mengalami ISK ya. 

Lalu, bagaimana kalau terlanjur ada gejala infeksi saluran kemih? Apakah gejala ISK bisa disembuhkan dengan banyak minum air putih?

Mengenali Gejala ISK

Gejala yang muncul sebagai tanda terjadi infeksi saluran kemih biasanya berbeda pada setiap penderita. Hal ini tergantung kebiasaan kamu, penyebab terjadi ISK, usia, bahkan bagian saluran kemih yang terinfeksi. Namun secara umum ada beberapa gejala yang menunjukkan kamu mengalami ISK, seperti:

  • Urine berbau menyengat dan berwarna keruh
  • Jadi lebih sering merasa ingin kencing tapi urine keluar sedikit dan disertai rasa nyeri atau sensasi terbakar. 
  • Perut bagian bawah terasa sakit.
  • Demam, mual, atau dalam kondisi tertentu mengalami muntah.

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih yang Benar

Infeksi saluran kemih terjadi akibat bakteri yang masuk ke saluran kemih salah satunya adalah kandung kemih. Tentu pengobatannya tak bisa hanya dengan banyak minum air putih. Jika ada yang bilang banyak minum air putih langsung seketika mengeluarkan bakteri dari saluran kemih, ini jelas kurang tepat. 

Minum air putih dalam jumlah cukup, minimal 8 gelas sehari, bisa membantu proses penyembuhan, tetapi tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan lho. Atau, kamu juga bisa konsumsi ekstrak cranberry sebagai salah satu pilihan untuk membantu mencegah terjadinya ISK berulang. Jika belum kunjung sembuh, kamu harus tetap ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Nanti dokter yang akan menentukan pengobatan dan meresepkan obat yang sesuai untuk penyakitmu. 

Referensi:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *