Apa hubungannya anyang-anyangan & cranberry? Yuk cari tau!

Saat mengalami anyang-anyangan, rasanya pasti tidak nyaman, apalagi kalau sampai harus bolak-balik buang air kecil. Salah satu cara mengatasi anyang-anyangan, kamu akan disarankan mengkonsumsi cranberry. Nah, apa hubungannya anyang-anyangan dan cranberry? Yuk, cari tahu lebih banyak dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Anyang-anyangan adalah Salah Satu Gejala ISK

Terjadinya anyang-anyangan sering dihubungkan sebagai gejala infeksi saluran kemih (ISK). Ini ada benarnya. Anyang-anyangan adalah salah satu gejala ISK. Namun, kamu juga perlu tahu kalau ada kondisi medis lainnya yang gejalanya juga berupa anyang-anyangan, seperti tubuh sedang mengalami dehidrasi, diabetes, kerusakan saraf yang mempengaruhi fungsi kandung kemih, batu ginjal, penggunaan obat-obatan tertentu, dan sebagainya.

Kenapa anyang-anyangan sering dihubungkan dengan ISK? Hal ini karena gejala yang muncul pada penderitanya kurang lebih sama, yaitu:

  • Munculnya rasa nyeri dan rasa terbakar pada bagian perut bawah saat buang air kecil.
  • Sering buang air kecil, namun jumlah urine yang keluar sedikit.
  • Susah buang air kecil.

Hubungan Anyang-anyangan dan Cranberry

Dilansir dari KlikDokter, anyang-anyangan terjadi karena adanya rangsangan pada dinding mukosa kandung kemih. Inilah yang kemudian memunculkan rasa ingin buang air kecil terus-menerus, nyeri pada bagian bawah perut, atau yang kamu tahu sebagai gejala anyang-anyangan. 

Lalu, apa peran cranberry dalam hal ini? Dari referensi yang ditayangkan dalam web AloDokter disebutkan bahwa kandungan proanthocyanidins (PACs) tipe A pada cranberry memiliki kemampuan untuk mengubah struktur bakteri E.Coli, sehingga mencegah bakteri menempel pada sel yang melapisi saluran kemih. Dengan kata lain, cranberry membuat lapisan dinding saluran kemih menjadi lebih licin, bersifat anti adhesi (anti perlekatan), dan membuat bakteri E.Coli sulit menempel di dinding saluran kemih.

Selain itu, proanthocyanidins yang ada pada cranberry bisa mengubah sifat urine menjadi lebih asam untuk menghambat pertumbuhan bakteri E.Coli. Itulah sebabnya, cranberry sering digunakan untuk melindungi, mencegah, bahkan digunakan dalam pengobatan tambahan untuk mengatasi anyang-anyangan maupun infeksi saluran kemih (ISK).Beberapa materi pendukung lainnya terkait kemampuan cranberry untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan, ISK, atau gangguan saluran kemih lainnya, bisa pula kamu temukan dalam artikel-artikel hasil penelitian di National Library of Medicine.

Di mana Mendapatkan Cranberry?

Buah cranberry segar memang masih sulit kamu dapatkan di Indonesia. Andaipun ada, biasanya harganya lumayan mahal. Padahal, buah cranberry bagus untuk menghambat pertumbuhan bakteri E-coli. Selain itu, cranberry juga dapat membantu mencegah penempelan bakteri E.coli di saluran kemih sehingga bakteri tersebut tidak berkembang biak melebih batas normal dan tidak memicu infeksi. 

Cara lain mendapatkan cranberry, kamu bisa memilih ekstrak cranberry yang dapat membantu melancarkan buang air kecil, terutama yang disebabkan gangguan saluran kemih. Jangan lupa, biasakan menjaga kebersihan organ intim, minum banyak air putih, juga menerapkan pola hidup sehat. 

Referensi: 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *